Angkasa Pura 2

SCI: Sinergi Kementerian atau Lembaga dan BUMN Tingkatkan Ekonomi Rakyat

Bandara Dermaga Kokpit KoridorSelasa, 12 April 2016
Jokowi Tol Pejagan

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Supply Chain Indonesia (SCI) memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang terus mendorong sinergi perusahaan-perusahaan BUMN. Salah satunya melalui Program Aksi Sinergi untuk Ekonomi Rakyat yang diluncurkan di Brebes, Senin (11/4/2016). “Apresiasi kepada Presiden Jokowi juga patut diberikan karena sinergi tersebut diarahkan untuk meningkatkan perekonomian rakyat dengan memberdayakan petani, peternak, dan nelayan,,” kata Diretur SCI Setijadi dalamsiaran pers kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Menurutnya, Program Aksi Sinergi yang diluncurkan Presiden Jokowi melibatkan sejumlah BUMN dan kementerian atau lembaga terkait. Sinergi berbagai pihak ini sangat tepat karena pembangunan ekonomi bersifat multidimensi dan multisektoral, termasuk sektor logistik sebagai salah satu penggerak utama. “Program Aksi melibatkan beberapa perusahaan BUMN, yaitu Bulog, PT Rajawali Nusantara Indonesia, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, dan PT Bhanda Graha Reksa,” kata Setijadi lagi.

Sementara, beberapa kementerian yang terlibat yaitu Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kementerian Koperasi dan UKM), Kementerian Pertanian (Kementan), Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes), serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Program tersebut juga melibatkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan perbankan.

“Sinergi beberapa perusahaan BUMN itu sangat berpotensi berperan dalam berbagai upaya peningkatan efisiensi logistik nasional karena potensi infrastruktur, fasilitas, dan layanannya. BUMN sektor logistik mengelola infrastruktur yang sangat lengkap, mencakup kepelabuhanan, kebandarudaraan, jalan, dan rel kereta api,” tukas SCI.

Dia melanjutkan, fasilitas yang dimiliki BUMN tersebar dan menjangkau berbagai wilayah Indonesia. Perusahaan-perusahaan BUMN sektor logistik beserta anak-anak usahanya mempunyai berbagai layanan logistik, antara lain: pergudangan, transportasi, freight forwarding, depo peti kemas, dan sebagainya.

“ Infrastruktur, fasilitas, dan layanan BUMN sektor logistik tersebar di berbagai perusahaan BUMN maupun anak usahanya, antara lain: PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), PT Berdikari, PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT Pos Logistik Indonesia, PT Kereta Api Logistik, PT Angkasa Pura Logistik, dan lain-lain,” tandas Setijadi. (helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari