Angkasa Pura 2

Antisipasi Lonjakan Logistik Jelang Puasa, KSOP Panjang Uji Petik Kapal Tol Laut

DermagaJumat, 15 April 2016
uji petik -resize

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kapal tol laut KMP Mutiara Persada III diuji petik Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Panjang, Lampung. Pemeriksaan ini untuk mengetahui keandalan kapal tgersebut dalam melayani tol laut, sekaligus mengantisipasi lonjakan angkutan logistik menjelang Bulan Puasa mendatang.

“Kami memeriksa seluruh perlengkapan keselamatan, termasuk liferaft, jaket pelampung, ruang mesin, dan lainnya. Kami ingin memastikan seluruh fasilitas dan peralatan keselamatan pelayaran berjalan dengan baik,” tutur Kepala KSOP Kelas I Panjang, Eka Sukmawati, SH, MM, kepada BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans, Jumat (15/4/2016).

uji petik2 - resize

Tim KSOP Panjang, Eka Sukmawati mengutarakan memeriksa dengan teliti dan seksama kapal roro khusus angkutan logistik, yang melayani rute Pelabuhan Panjang – Pelabuhan Tanjung Perak dan dioperasikan PT Antosim Lampung Pelayaran, tersebut.

“Ada banyak catatan yang kami dapat dari pemeriksaan yang digelar Kamis (14/4/2016) tersebut. Semua catatan itu, kami memberikan solusi kepada nakhoda untuk memperbaikinya. Catatan dan instruksi tertulis, kami layangkan kepada pihak operator,” jelasnya.

uji petik1 - resize

Wanita yang sudah bertugas di empat daerah tersebut mengemukakan uji petik digelar selain untuk mendapatkan kepastian pelayaran kapal selalu menjunjung tinggi aspek keselamatan, juga dalam rangka mengantisipasi lonjakan arus logistik menjelang Bulan Puasa tahun ini.

“Arus logistik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya dipastikan melonjak menjelang Bulan Ramadhan, terutama komoditas kebutuhan pokok. Nah sejak sekarang, kami mengingatkan pihak operator kapal tol laut untuk lebih mempersiapkan diri, terutama dalam aspek keselamatan pelayaran,” tegasnya. (ray).

uji petik4 - resize