Angkasa Pura 2

Hanya Ada 20 Pesawat Teraman di Dunia, Ini Daftarnya

KokpitJumat, 15 April 2016
IMG_20160316_151218_edit

JAKARTA (beritatrans.com) – Bagi masyarakat yang senang bepergian dengan menggunakan pesawat terbang, tentunya jaminan keselamatan dan keamanan penerbangan akan menjadi prioritas pilihannya dalam memilih pesawat apa yang akan ditumpanginya.

Lembaga pemeringkat keselamatan yang berbasis di Australia, AirlineRatings.com, baru-baru ini merilis daftar peringkat pesawat terbang teraman di seluruh dunia. Ternyata berdasarkan hasil survey lembaga pemeringkat itu hanya ada 20 maskapai penerbangan yang masuk dalam kategori paling aman sejagat ini. Jumlah ini berasal dari 407 maskapai penerbangan yang disurvei.

Editor AirlineRatings.com Geoffrey Thomas mengatakan, penilaian atas 20 maskapai penerbangan yang paling aman di dunia tersebut didasarkan atas bagaimana maskapai tersebut selalu berada di garis terdepan dalam inovasi keselamatan para penumpang, keunggulan operasional, dan peluncuran dari sebuah pesawat yang memiliki teknologi yang lebih maju.

Menurut AirlineRatings.com, jika ada sebuah maskapai penerbangan yang mengalami kecelakaan dan menyebabkan kematian penumpang dan atau awak kabin, maskapai ini secara otomatis akan kehilangan bintang dalam peringkat keselamatan penerbangan.

Adapun maskapai-maskapai penerbangan yang dinilai paling aman di dunia ini adalah:

1. America Airlines
2. Alaska Airlines
3. All Nippon Airways
4. Air New Zealand
5. Cathay Pacific Airways
6. Emirates
7. Etihad Airways
8. EVA Air
9. Finnair
10. Hawaiian Airlines
11. Japan Airlines
12. KLM
13. Lufthansa
14. Qantas
15. Scandinavian Airlines System
16. Singapore Airlines
17. Swiss
18. United Airlines
19. Virgin Atlantic
20. Virgin Australia.

Ke-20 maskapai teraman di dunia tersebut diberi tanda peringkat dengan 7 bintang. Sedangkan maskapai penerbangan yang dinilai paling buruk tingkat keselamatannya diberi tanda 1 bintang atau tidak ada bintang sama sekali.

Maskapai penerbangan Indonesia hanya ada satu yang diberi tanda 3 bintang oleh AirlineRatings.com yaitu Garuda Indonesia. Sementara 9 maskapai penerbangan Indonesia lainnya hanya diberi tanda 1 bintang yang artinya peringkat keselamatan mereka dianggap masih buruk.

Adapun kesembilan maskapai penerbangan yang tingkat keselamatannya dinilai buruk oleh AirlineRatings.com adalah:

1. Lion Air
2. Batik Air
3. Wings Air
4. Citilink Indonesia
5. Sriwijaya Air
6. NAM Air
7. Trigana Air Service
8. TransNusa Aviation Mandiri
9. Xpress Air
(aliy)

loading...