Angkasa Pura 2

Angkut 132 Penumpang, British Airways Ditabrak Drone Saat Hendak Mendarat

Bandara KokpitSenin, 18 April 2016
drone-plane-661873

LONDON (BeritaTrans.com) – Metropolitan Police di London enyelidiki tabrakan yang terjadi antara pesawat penumpang yang sedang mendekati Bandara Heathrow di London dan drone.

Pada hari Minggu (17/4/2016) pukul 13.50, seorang pilot British Airways dengan nomor penerbangan 727 melaporkan pada Metropolitan Police bahwa sebuah drone tersangkut di pesawatnya. Untungnya, pesawat Airbus A320 yang mengangkut 132 penumpang dan 5 orang kru itu berhasil mendarat dengan selamat di bandara Heathrow.

Seperti yang dilaporkan oleh The Verge, polisi bandara yang menangani kasus ini menemukan bahwa sebuah objek — yang diduga adalah sebuah drone enabrak bagian depan pesawat. Hal ini disampaikan oleh Metropolitan Police dalam pernyataan resmi mereka. Kecelakaan ini tidak berujung pada penangkapan.

British Airways mengatakan bahwa para teknisi mereka telah memeriksa pesawat yang ditabrak itu dan ia telah dinyatakan dapat kembali terbang untuk penerbangan berikutnya.

“Drone tidak seharusnya terbang begitu dekat dengan bandara. Dan siapa saja yang melanggar peraturan ini akan menghadapi hukuman yang serius,” kata juru bicara UK Civil Aviation Authority.

Lebih lanjut dia mengatakan, “Siapa pun yang mengendalikan sebuah drone harus menerbangkannya dengan tanggung jawab dan mematuhi semua peraturan dan regulasi yang ada. Peraturan menyangkut drone dibuat agar menjaga keamanan semua pihak yang terbang di udara.”

Selama ini, telah ada beberapa kasus yang mana pilot dari penerbangan komersil melaporkan keberadaan drone yang terbang dekat dengan pesawat yang hendak lepas landas atau akan mendarat.

Pihak berwenang menyangkut penerbangan di seluruh dunia sedang berusaha untuk membuat regulasi baru untuk mendorong para pemilik drone agar tidak membahayakan pesawat terbang. Kasus ini mungkin akan mendorong mereka untuk mempercepat pembuatan regulasi tersebut. (ani).