Angkasa Pura 2

Kapal Patroli PLP Tanjung Priok Evakuasi Kapal Kandas di Perairan Pulau Lancang

DermagaRabu, 20 April 2016
KN.P348_3

JAKARTA (beritatrans.com) – Kapal patroli KN P.348 milik Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP) Kelas I Tanjung Priok Jakarta berhasil mengevakuasi kapal KM Kilat Maju Jaya 12 yang kandas di perairan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, pada Selasa (19/4/2016) sekitar pukul 03.40 WIB.

“Begitu mendapat informasi bahwa ada kapal yang kandas di sekitar perairan Pulau Lancang, kami langsung memerintahkan KN P.348 menuju ke lokasi untuk membantu kapal kandas tersebut,” kata Kepala Seksi Operasi PLP Kelas I Tanjung Priok Syahrul Wardi kepada beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Rabu (20/4/2016).

Syahrul

Syahrul Wardi mengatakan, saat kejadian, KM Kilat Maju Jaya 12 sedang berlayar dari laut menuju Pelabuhan Muara Baru. Ketika kapal melewati daerah Selatan Pulau Lancang, tiba-tiba kapal tidak bergerak. Padahal mesin masih dalam kondisi putaran penuh.

“Ternyata KM Kilat Maju Jaya 12 sudah terduduk (kandas) di karang,” katanya.

KN.P348

Ia menjelaskan, berdasarkan pengakuan nakhoda kapal nahas tersebut, kejadian itu akibat menghindari nelayan tradisional yang sedang mencari ikan di sekitar Pulau Lancang.

Nakhoda KN P.348 Kasid S Wahyudi mengatakan, begitu kapalnya sampai lokasi kejadian, dia beserta personel KN P.348 langsung mempelajari struktur dan kontur tempat kandas.

KN.P348_1

“Berdasarkan peta laut, tempat itu diperkirakan pasir atau karang lunak,” kata Wahyudi.

KN.P348_5

Kemudian ia menyarankan kepada nakhoda KM Kilat Maju Jaya 12 untuk tidak memaksa melakukan manuver, melainkan bersabar menunggu air pasang. Sambil menunggu air pasang dilakukan penyelaman untuk memeriksa kondisi lunas kapal dan jenis dasar laut, serta menunggu bantuan kapal penarik dari pelabuhan.

KN.P348_2

“Akhirnya dengan kehatian-hatian yang sangat tinggi, kapal kandas tersebut terbebas dan dapat bergerak kembali menuju Pelabuhan Muara Baru sekitar pukul 17.00 WIB,” katanya. (aliy)

KN.P348_4