Angkasa Pura 2

AP I Rencanakan Tambah Landasan Pacu Bandara Ngurah Rai Dengan Reklamasi

BandaraSabtu, 23 April 2016
IMG-20160410-WA019


BALI (beritatrans.com) – Pengelola bandara Internasional Ngurah Rai, Bali‎, PT Angkasa Pura (AP) I
berencana menambah landasan pacu. Saat ini, masih terus dikaji, dimana sebagian pembangunannya dikerjakan dengan reklamasi di perairan sebelah barat bandara.

“Untuk penambahan runway (landasan pacu, red) cara satu-satunya dengan melakukan reklamasi,” tutur General Manager Ngurah Rai, Trikora Harjo di Bali, Sabtu (23/4/2016) seperti dilansir antara.

Menurut Trikora, kajiannya perlu disosialisasikan kepada masyarakat dan pemangku kebijakan Provinsi dan wilayah setempat. Diakuinya, bila dikaitkan dengan pariwisata dan makin banyaknya wisatawan yang datang ke Bali, perlu dilakukan penambahan kapasitas runway.

“Rencana induk penambahan runway sudah disiapkan, namun masih dalam tahap pembicaraan antara AP I, Provinsi Bali, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta instansi terkait,” tutur Trikora.

Saat menambah satu runway, lanjut Trikora, idealnya memiliki panjang 3.000 meter dengan lebar 45 meter, sama seperti yang sudah eksisting saat ini.

Apalagi, bandara Ngurah Rai merupakan salah satu bandara tersibuk dengan jam operasional 24 jam dan jumlah penumpang yang cukup banyak setiap tahunnya.

“Setiap tahun, jumlah penumpang di sini 15 hingga 25 juta orang‎,” kata Trikora.(omy)

loading...