Angkasa Pura 2

Alasan Teknis, Izin Rute Wing Air Ambon-Dobo Dicabut Kemenhub

Bandara KokpitRabu, 27 April 2016
edward sirait

JAKARTA, (BeritaTrans.com) – Izin rute penerbangan Wing Air Ambon-Dobo dicabut Kemenhub sehari sebelum melakukan penerbangan perdananya pada Rabu (27/4/2016). Kemenhub mencabut izin rute Wing Air Ambon-Dobo tersebut lantaran alasan teknis.

Direktur Umum Lion Grup Edward Sirait menyayangkan sikap Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tersebut. Sebab Kemenhub memberikan izin rute tersebut belum lama ini.

“Kami sangat menyayangkan atas pencabutan kembali izin rute yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, mengingat tingginya animo masyarakat terhadap pembukaan rute Ambon – Dobo dan Dobo – Ambon ini dan terbukti dengan telah terjual habis tiket penerbangan tersebut,” kata Edward dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (26/4/2016).

Dalam siaran pers tersebut ia tidak dengan gamblang menyebut alasan teknis tersebut. Sementara, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Suprasetyo melalui pesan singkat ke wartawan mengatakan, pembatalan izin rute Wing Air Ambon-Dobo tersebut lantaran pelebaran runway Bandara Dobo belum selesai.

Seperti dikutip kompas.com. maskapai Wing Air sendiri sudah terlanjur menjual tiket penerbangan Ambon-Dobo. Rencananya pesawat dengan nomor penerbangan IW 1534 akan berangkat pada pukul 07.50 WITA, dan sebaliknya penerbangan IW 1535 dengan rute Dobo – Ambon berangkat pada pukul 09.55 WITA.

Namun lantaran pencabutan izin rute itu, Wing Air membatalkan penerbanganya dari Ambon-Dobo dan sebaliknya esok hari.
Lion Grup masih menunggu keterangan tertulis dari pihak Kementerian Perhubungan mengenai dicabut izin rute Wing Air tersebut.

Lion Grup pun meminta maaf atas pembatalan penerbangan Wing Air rute Ambon-Dobo kepada penumpang yang sudah membeli tiket.

“Bagi para penumpang yang sudah membeli tiket penerbangan dengan rute Ambon – Dobo (IW 1534) dan Dobo – Ambon (IW 1535) kami persilahkan untuk melakukan full refund,” tandas Edward.(riz/kom)