Angkasa Pura 2

Tol Semarang-Solo Seksi III “Bisa Digunakan Gratis” Saat Mudik Lebaran

KoridorRabu, 27 April 2016
tol bawen

SEMARANG (BeritaTrans.com) – Jalan Tol Semarang-Solo seksi III, rute Bawen-Salatiga sepanjang 17,5 km sedang dalam proses konstruksi. Pekerjaan seksi III ini dikebut agar bisa digunakan pada arus mudik lebaran 2016.

Saat ini progres fisik konstruksi telah mencapai 35%. Ruas ini akan dibuka sementara kemudian akan ditutup kembali usai arus mudik berakhir.

“Dibuka saat mudik lebaran setelah itu ditutup lagi untuk pekerjaan penyelesaian, target kontrak di akhir Agustus 100% sudah bisa operasional,” ungkap Direktur Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jateng, Arie Irianto, di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (26/4/2016).

Pada saat arus mudik, progres fisik diharapkan bisa mencapai 60%. “Pada arus mudik lebaran nanti bisa difungsikan dengan progres fisik mencapai 60% fungsi sementara udah jadi tol geometrinya belum geometri ideal tol tapi sudah bisa dilalui dan minimal sudah ditutup lagi (lean concrete) atau beton ringan,” lanjut Arie seperti dikutip detik.com.

Selain itu ruas seksi III ini selama mudik hanya bisa dilalui mobil golongan I non bus dan gratis. “Buat mobil golongan 1 dan free bagian dari layanan kami aja untuk pengguna jalan,” kata Arie.

Pada saat arus mudik 2016, diharapkan 1 jalur di ruas Bawen-Salatiga bisa digunakan. “Jadi semuanya baik jalan maupun jembatan satu jalur dari Bawen, yang Bawen-Salatiga difungsikannya baru satu jalur jadi begitu arus mudik satu arah ke arah Salatiga. Begitu arus balik satu arah ke Bawen, tergantung waktunya kalau h minus arus mudik, h plus arus balik,” kata Arie Irianto lagi.

Jembatan Kali Tuntang Dan Senjoyo

Dalam seksi III tersebut terdapat dua jembatan yang menghubungkan Simpang Bawen dengan Salatiga. Jembatan pertama merupakan Jembatan Kali Tuntang dengan panjang 370 meter yang dibangun menembus Tebing Tuntang di wilayah Kabupaten Semarang dan merupakan bagian dari pengerjaan paket 3.1 Ruas Bawen-Polosiri.

Jembatan kedua yang bernama Jembatan Kali Sanjoyo berada, sejauh 10 kilometer dari lokasi pembangunan Jembatan Tuntang. Arie mengatakan saat ini pihaknya tengah fokus dalam penyelesaian jembatan tersebut.

“Kalau kami fokus tetap di jembatan sambil juga menunggu tanah bebas dan kegiatan secara paralel timbunan dan galian juga, peran jembatan kritis kalau nggak selesai nggak bisa lewat,” tutur Arie.

Sebagai informasi tol Semarang-Solo terdiri dari 5 seksi, seksi I ruas Semarang-Ungaran sepanjang 10,8 km dan seksi II ruas Ungaran-Bawen sepanjang 12 km sudah dioperasikan.

Sedangkan seksi III Bawen-Salatiga sepanjang 17,5 km, seksi IV Salatiga-Boyolali sepanjang 24,4 km, dan seksi V Boyolali-Solo masih dalam pengadaan lahan dan konstruksi.(hel/dtc)

loading...