Angkasa Pura 2

Ahok: Bus Transjakarta Rute Bekasi Dan Depok Kekurangan Sopir

Koridor SDMKamis, 28 April 2016
ahok-2

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengevaluasi penyelenggaraan rute baru TransJakarta, yakni yang melalui Depok dan Bekasi. Masalah yang ada yakni bus-bus kekurangan sopir.

“Busnya cukup, sopirnya masih kurang,” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Seperti diketahui, pekan lalu Pemprov DKI Jakarta mengoperasikan ratusan bus baru termasuk angkutan Bodetabek, seperti Bekasi-Jakarta dan depok Jakarta. DKI Jakarta menerima bantuan bus sebanyak 600 unit dari Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan.

Bus bantuan Kementerian Perhubungan itu yang diproyeksikan menjadi angkutan umum yang baik dan memadahi bagi warga Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) yang setiap hari beraktivitas di Jakarta. Selanjutnya, mereka tidak menggunakan kendaraan pribadi sehingga justru menambah kemacetan lalu lintas dari khususnya di Kota Jakarta dan sekitarnya.

Menurut Ahok, problem kekurangan sopir ini membuat tak semua bus yang seharusnya dioperasikan diluncurkan semua. Ada bus yang tak dijalankan karena belum ada pengemudinya. “Kita agak tahan (bus-busnya, karena belum ada sopirnya),” kata mantan Bupati Belitung Timur itu lagi.

Maka, Ahok akan merekrut orang-orang yang bisa menjadi sopir bus TransJakarta. “Kita mau rekrut,” kata Ahok.

Sebelumnya, Ahok menyatakan bus-bus dari Bekasi dan Depok penuh penumpang. Hanya saja ada kendala, mereka harus melalui macet tol.(dar/dtc)