Angkasa Pura 2

Tarif Sewa Gudang Kargo Impor LCL Sudah Disepakati ALFI Dan Aptesindo

DermagaJumat, 29 April 2016
ALVI Wilam1

JAKARTA (BeritaTrans.com) Besaran tarif layanan sewa pergudangan untuk kargo impor berstatus Less Than Container Load (LCL) sudah disepakati.

Pasalnya, perundingan antara penyedia jasa gudang Asosiasi Pengusaha Tempat Penimbunan Sementara Indonesia (Aptesindo) dan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) sebagai pengguna jasa sudah menyepakati besaran tarif yaitu tarif bawah Rp 90.000 dan tarif atas Rp 125.000 /ton /m3 (cbm).

Sekum DPW ALFI DKI Adil Karim Jumat (29/4/2016) mengatakan kesepakatan antara ALFI dan Aptesindo dicapai Jumat (29/4/2016) . “Tinggal menunggu perbaikan redaksi isi kesepakatan. Mudah mudahan Senin (2/5/2016) ditandatangani oleh ALFI, dan Aptesindo.

Setelah itu kesepakatan tersebut dilaporkan kepada Kepala Otoritas Pelabuhan (OP) Tanjung Priok dan rencananya akan diberlakukan pada 16 Mei 2016, ujar Adil.

Adil mengatakan tarifnya dibuat tarif bawah dan tarif atas agar pemilik gudang dan forwarding dapat bernigosiasi. “Yang penting tidak melampaui tarif atas,” ujar Adil Karim.

Dia mengatakan tarif sewa gudang tersebut merupakan transaksi antara ALFI dan Asosiasi Pengusaha Tempat Penimbunan Sementara Indonesia (Aptesindo) bukan transaksi dengan pemilik barang/importir.

“Ini perlu ditegaskan agar kesepakatan tarif sewa gudang tersebut tidak menimbulkan kerancuan bagi pemilik barang,” tegasnya.

Sebelumnya Kepala OP Tanjung Priok mengingatkan alau penyedia dan pengguna jasa sulit bersepakat untuk menentukan tarif layanan pergudangan, wacana pembangunan fasilitas CFS ( Container Freight Station) mendesak diwujudkan. (wilam)