Angkasa Pura 2

IPW: SIM Sebaiknya Seumur Hidup

Aksi Polisi KoridorMinggu, 1 Mei 2016
SIM Keliling

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Indonesia Police Watch (IPW) mengusulkan agar Pemerintah membuat kebijakan yang isinya Surat Izin Mengemudi (SIM) Surat Tanda kendaraan Bermotor (STNK) dan lainnya dikeluarkan berlaku seumur hidup.

Dengan begitu, oknum tertentu yang biasa menjadi calo atau mengambil keuntungan dari pembuatan atau perpanjabgan SIM dan STNK berkurang bahkan bisa dihilangkan.

“Presiden Jokowi perlu mengeluarkan kebijakan agar SIM, STNK, BPKB, dan TNKB itu masa berlakunya seumur hidup. Desakan ini disampaikan menanggapi pernyataan Presiden Jokowi tentang masih buruknya pelayanan SIM, STNK, BPKB, dan TNKB,” kata Ketua Presidium IPW Neta Pane di Jakarta, Minggu (1/5/2016).

Salah satu cara untuk memutus mata rantai kepentingan yang mengkooptasi, menurut Neta adalah menjadikan masa berlaku seumur hidup untuk SIM, STNK, BPKP dan TNKB. Implikasinya, aksi percaloan bisa dipangkas. “Proses pengurusan atau pembayaran pajak harus dilakukan lewat bank, misalnya dengan ATM,” kilah dia. (helmi).