Angkasa Pura 2

12 Pelabuhan Diresmikan Serentak

DermagaSenin, 2 Mei 2016
Menhub Ignasius Jonan Pada Peresmian Pelabuhan di Kab Kepulauan Sangihe_1 Mei 2016_2

TAHUNA (beritatrans.com) – 12 pelabuhan penghubung dan perekat kepulauan terluar utara Indonesia, diresmikan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, di Tahuna, Sangihe, Sulawesi Utara, Minggu (1/5/2016).

‎‎Ke 12 pelabuhan tersebut yaitu, Pelabuhan Tahuna, Petta, Bukide, Lipang, Kawaluso, Kahakitang, Kawio, Matutuang, Sawang, Kalama, Buhias, dan Amurang.‎ Pembangunannya menghabiskan total investasi mencapai Rp583 miliar.

Menurut Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, perluasan dan pengembangan kawasan hinterland akan menjadi fokus kementerian setelah peresmian 91 pelabuhan pada tahun ini.‎

‎“Arahnya pada  pengembangan sisi darat. Mau gudang, portland atau alat bongkar muat dan lain sebagainya,” ungkap Jonan.‎

‎Menurut Jonan, dia tidak ingin melihat pelabuhan tanpa memiliki sistem bongkar muat yang efisien dan memadai. Kegiatan bongkar muat di pelabuhan di bawah Kementerian Perhubungan harus mengunakan forklift, reachstacker, atau crane‎.

“Dengan begitu, proses bongkar muat tidak lagi gunakan tenaga manusia. Ini mohon diperhatikan karena efisiensi logistik itu penting,” tutur Jonan. (omy)