Angkasa Pura 2

Dukung Tol Laut, KPLP Usul Penambahan Pangkalan

DermagaMonday, 2 May 2016

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktorat Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan mengusulkan penambahan Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP). Penambahan pangkalan ini terutama untuk mendukung program Tol Laut dan Poros Maritim Dunia yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Terutama dukungan dari aspek keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim,” kata Direktur KPLP Capt. Karolus G Sengadji, MM, ketika membuka Rapat Kerja Teknis Tahun 2016 Direktorat KPLP di Jakarta, Senin (2/5/2016).

Usulan penambahan pangkalan PLP juga terkait dengan penambahan kapasitas KPLP melalui Instruksi Menteri Perhubungan No. I’M 5 Tahun 2015 tentang penambahan 100 unit kapal patroli kelas I, dan hasil Rapat Pimpinan mengenai penambahan 50 unit kapal patroli kelas II dan 50 unit kapal patroli kelas III.

“Sekarang ini telah diawali dengan pembangunan 30 unit kapal kelas I, 6 unit kapal kelas II dan kelas III aluminium,” kata Capt. Karolus.

Menurutnya, penambahan jumlah armada kapal tersebut menjadi momentum pengembangan pangkalan PLP. Kondisi eksisting sekarang jumlah pangkalan PLP baru ada 5 pangkalan yang berlokasi di Tanjung Uban (Kepri), Tanjung Priok (Jakarta), Tanjung Perak (Jawa Timur), Belitung (Sulawesi Utara), dan Tual (Maluku).

Jumlah armada kapal secara keseluruhan terdapat 7 kapal kelas I, 13 kapal kelas II, dan 8 kapal kelas III. Dengan personel 663 orang. Sementara luas lautan Indonesia mencapai 5,9 juta km2 yang terdiri dari 3,2 juta km2 dan 2,7 juta km2 Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE). Selain itu ada sekitar 17,500 pulau dan 99,093 kelimeter panjang garis antai.

“Terjadi ketidakseimbangan antara luas wilayah yang harus diawasi dengan jumlah pangkalan PLP. Juga ada ketidakseimbangan antara tingkat eselon dengan jumlah SDM dan Aset yang dikelola,” katanya.

Adapun usulan penambahan pangkalannya antara lain di Belawan, Sampit, Merauke, Saonek, Wonreli, Banyuwangi, Anyer, dan Teluk Bayur. (aliy)