Angkasa Pura 2

Benyamin Ginting: Kesiapsiagaan KSOP Sunda Kelapa 24 Jam Sehari dan 7 Hari Seminggu

DermagaSelasa, 3 Mei 2016
IMG-20160502-WA022

JAKARTA (beritatrans.com) – Kesiapsiagaan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sunda Kelapa 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Sehingga wari Sabtu dan Minggu yang merupakan hari libur resmi bagi para pegawai pemerintah, tidak berlaku bagi Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sunda Kelapa Letkol Marinir Benyamin Ginting.

“Saya sudah biasa masuk kerja di hari Sabtu maupun Minggu. Biasanya untuk mengecek kesiapsiagaan para petugas jaga,” kata Benyamin Ginting menanggapi pertanyaan beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

IMG-20160502-WA024

Benyamin Ginting tipikal pemimpin yang tidak mau hanya mengandalkan anak buahnya, sementara dia sendiri duduk berleha-leha. Memang setiap hari Sabtu dan Minggu, termasuk hari-hari libur lainnya, selalu ada petugas jaga agar pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan.

Tetapi bagi Benyamin Ginting, pelayanan terhadap masyarakat harus selalu dilakukan tanpa mengenal batas waktu, yakni 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu. KSOP Sunda Kelapa harus selalu siap melayani masyarakat.

IMG-20160502-WA021

“Saya akan tetap memastikan kesiapsiagaan para petugas jaga dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, meskipun hari libur. Termasuk memastikan tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh kapal-kapal yang beraktifitas di Pelabuhan Sunda Kelapa,” kata Benyamin Ginting.

Benyamin Ginting menegaskan, keselamatan dan keamanan pelayaran tidak bisa ditawar-tawar. Hal itu sesuai instruksi Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Laut DR. Umar Aris, SH, MM, MH.

IMG-20160502-WA023

“Jangan pernah main-main dengan aspek keselamatan dan keamanan pelayaran, termasuk perlindungan maritim,” katanya.

Jadi, lanjut Benyamin Ginting, meskipun hari libur, seluruh petugas jaga KSOP Sunda Kelapa harus tetap siap siaga. Pelayanan kesyahbandaran dan kepelabuhanan harus tetap optimal. Begitu pula pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran.

Menurutnya sikap dan perilaku pemimpin yang baik dalam bekerja adalah contoh yang sangat efektif bagi seluruh bawahannya. Makanya ia tidak segan-segan turun ke lapangan untuk berpatroli keselamatan dan keamanan laut, meskipun di hari libur. Contohnya seperti yang dia lakukan pada Sabtu (30/4/2016) dan Minggu (1/5/2016) yang lalu.

IMG-20160502-WA025

“Contoh yang diberikan pemimpin dapat memberikan dorongan semangat dan motivasi kepada anggota di lapangan. Juga sebagai bentuk perhatian dan tanggung jawab pimpinan terhadap anggotanya,” kata Benyamin Ginting.

Setelah melakukan pengecekan di kantor KSOP, Benyamin Ginting di dampingi perwira jaga dan anggota jaga langsung melakukan patroli di wilayah pelabuhan dan di lanjutkan patroli laut di wilayah anchore area dan DLKR/DLKP. Pemeriksaan di atas kapal pun dilakukan guna mengecek kapal-kapal yang sedang berlabuh jangkar tentang kesiapan perwira di atas kapal dan dokumen kedatangan. (aliy)