Angkasa Pura 2

Berlakukan Sistem Cluster, Pembayaran Tol Jakarta-Palimanan-Brebes Cukup Dua Kali

KoridorRabu, 4 Mei 2016
Cikarang Utama

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Mengantisipasi lonjakan pengguna jalan tol pada masa Lebaran 2016, maajemen PT Jasa Marga akan mengambil terobosan baru, dengan penyederhanaan pembayaran dengan sistem cluster atau pengelompokan. Pembayaran jalan tol ruas Jakarta-Palimanan-Brebes Timur cukup dilakukan dua kali.

“Sistem cluster pembayaran, yang bisa diterapkan mulai H-20 Lebaran atau mulai 16 Juni 2016,” ujar kata Direktur Utama Adityawarman, usai mengikuti rapat kesiapan BUMN Transportasi menghadapi libur Idul Fitri 1437 H, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, kemarin.

Dikatakan, sistem cluster ini mempermudah pengguna jalan tol karena sepanjang jalur Jakarta-Palimanan-Brebes Timur hanya melakukan dua kali pembayaran. Cluster pembayaran pertama dilakukan pada ruas Jakarta-Palimanan dimana cukup mengambil tiket masuk pada gerbang tol Cikarang Utama dan selanjutnya membayar di km 200 tol Palimanan.

“Sebelumnya pada ruas ini pengguna membayar di tol Cikopo, kemudian antre ambil tiket lagi. Sekarang dari Cikarang Utama terus melanjutkan perjalanan hingga membayar di Palimanan” jelas Adityawarman.

Selanjutnya cluster kedua, pengguna jalan tol mengambil tiket di Palimanan dan membayar saat keluar Brebes Timur. “Dengan begitu, perjalanan bisa lebih lancar karena memotong tiga gerbang antrian pembayaran tiket,” ujarnya.

Ia menambahkan, masa Lebaran 2016 akan terjadi lonjakan trafik lalu lintas tol Jakarta-Palimanan-Brebes Timir yang diperkirakan mencapai 5-6 persen dibanding Lebaran tahun 2015.

Lebaran tahun 2016, tambahnya akan jatuh pada Rabu-Kamis (6-7 Juli), karena itu diprediksi arus puncak mudik akanterjadi pada H-4 dan H-5 sejalan dengan dimulainya cuti bersama Senin (4/7) dan Selasa (5/7).(hel/ant)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari