Angkasa Pura 2

Mudik Lebaran, Pelni Siapkan 25 Kapal Dengan Toleransi 30%

Dermaga SDMRabu, 4 Mei 2016
Asujadi

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sebanyak 25 Armada kapal penumpang PT Pelayaran Nasional (Pelni) akan dikerahkan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi penumpukan penumpang di pelabuhan untuk mengangkut para pemudik yang akan menuju kampung halaman di perayaan Idul Fitri tahun 2016 mendatang.

“Kapal Pelni penuhnya itu saat liburan lebaran, natal, dan tahun baru. Untuk persiapan angkutan Lebaran tahun 2016, Pelni akan menyiapkan 25 armada kapal,” ujar Manajer Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan Pelni, Akhmad Sujadi menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Seperti diketahui, kapasitas kapal-kapal Pelni rata-rata 1.500 orang bahkan ada kapal tipe 2.000 orang. Kapal Pelni tersebut akan berangkat dari berbagai tujuan di Indonesia, mulai Batam dan Bintan terutama untuk TKI asal Malaysia.

Selain itu, lanjut Sudjadi, kapal-kapal Pelni kebanyakan melayani daerah Indonesia timur. “Untuk mengantisipasi itu kami toleransi penambahan penumpang yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan adalah 30 persen dari kapasitas kapal,” katanya.

Ke-25 armada yang dikerahkan Pelni meliputi rute Belawan, Natuna, Balikpapan, Makasar, Labuan Bajo, Merauke, Jaya Pura, Batam, Medan, Surabaya dan Semarang.

Masa liburan lebaran, natal dan tahun baru menjadi momen Pelni untuk mengeruk pendapatan. “Kenaikannya memang kami prediksi cukup tinggi sekitar 15 persen. Kami peroleh dari optimalisasi koridor Jakarta-Surabaya,” imbuh Akhmad.

Pihaknya pun menawarkan bagi perusahaan BUMN yang setiap tahunnya menggelar mudik gratis, Pelni siap untuk mengoptimalkan armadanya.

“Ini yang kami coba akan tawarkan terutama kepada BUMN dan perusahaan swasta yang biasa menggelar mudik gratis.” pungkas Akhmad.(helmi)