Angkasa Pura 2

Aptrindo Harapkan Pemerintah Lebih Adil Tehadap Angkutan Barang Dalam Antisipasi Kemacetan Lalulintas

KoridorKamis, 5 Mei 2016
20160301_134914-2-2-1-1-1-1

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gemilang Tarigan mengharapkan pemerintah agar bersikap adil terhadap angkutan barang terkait dengan antisipasi kemacetan jalan raya pada waktu tertentu seperti libur panjang.

Bincang bincang dengan BeritaTrans.com dan tabloid mingguan Berita Trans kemarin , Tarigan mengatakan setiap ada kebijakan terkait dengan antisipasi kemacetan jalan raya selalu angkutan barang yang terkena dampaknya.

“Misalnya surat edaran Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub No: SE.04/SJ.201/DRJD/2016 tentang pengawasan dan pengendalian transportasi jalan pada saat libur kenaikan Isa Almasih dan Isra Miraj 2016, ada pembatasan operasional angkutan barang,” kata Tarigan.

Aptrindo mengharapkan dalam. mengantisipasi kemacetan lalulintas pada peristiwa tertentu seperti libur panjang pemerintah melihat kelancaran operasional angkutan barang sama pentingnya dengan angkutan penumpang.

“Karena angkutan barang tersebut ada menempuh jarak jauh misalnya dari Medan atau Aceh ke Surabaya. Truk tersebut sudah berhari hari di perjalanan tiba – tiba dalam perjalanan distop atau dibatasi operasionalnya. Padahal yang diangkut misalnya bahan baku pabrik, sembilan bahan pokok atau barang cepat rusak,” kata Tarigan.

Menurut Tarigan pengaturan sebenarnya bisa lebih adil. Misalnya angkutan barang hanya boleh malam hari dan angkutan penumpang pada siang hari. Ini lebih mudah dipahami dan dilaksanakan baik oleh sopir mau pun petugas di lapangan, ujarnya.
(wilam)