Angkasa Pura 2

Pelni Tawarkan Kapalnya ke BUMN Untuk Sarana Angkutan Mudik Gratis

Dermaga KoridorKamis, 5 Mei 2016
Akhmad Sujadii

JAKARTA (BeritaTrans.com) – manajemen PT Pelni terus memasarkan kapal-kapalnya untuk mengangkut mudik sepeda motor gratis pada musim mudik Lebaran 2016 mendatang. Pelni sudah menyampaikan niat itu ke sesama BUMN seperti BNI, BRI, Jasa Rahardja bahkan ke pihak swasta.

Manager Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan Pelni Akhmad Sujadi mengatakan, pihak Pelni sudah menyampaikan penawaran tersebut ke sejumlah BUMN sejak awal bahkan pihak swasta yang bisa menggelar mudik gratis untuk tujuan Jawa Tengah dan Jawa Timur atau ke sejumlah kota di Sumatera.

“Kita (Pelni) berharap ada BUMN atau perusahaan atau Pemerintah bisa menggunakan jasa kapal Pelni untuk program mudik gratis pada masa Lebaran mendatang,” kata Sujadi menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Kamis (5/5/2016).

Menurutnya, kapal Pelni memilik sejumlah kelebihan, terutama untuk mengangkut pemudik gratis baik penumpang atau sepeda motor yang digunakan. “Kapasitas cukup besar, bebas macet dan bisa langsung melayani rute Tanjung Priok, Jakarta ke Semarang atau Surabaya,” jelas Sujadi.

Sementara, bila menyelenggarakan mudik gratis dengan bus atau truk misalnya, harus menghadapi resiko kemavetan lalu lintas seperti di lintas pantura atau pantai selatan Jawa. Jika mudik ke Sumatera, menurut Sujadi, juga harus menghadapi resiko macet dan antre panjang di Pelabuhan Merak, Banten.

Sebaliknya, tambah Sujadi, kapal-kapal Pelni relatif aman dan bebas kemacetan baik tujuan ke Jawa Tengah atau Jawa Timur. “Meski sudah ada tol Transjawa misalnya, pada liburan akhir pekan ini atau saat menjelang Natal dan Tahun Baru 2016 lalu, jalur pantura Jawa masih macet parah dan orang harus rela menempuh perjalanan yang sangat lambat,” kilah dia.

“Kapasitas kapal Pelni juga besar, bisa mengakut ribuan penumpang serta ratusan sepeda motor untuk sekali jalan. Inilah salah satu nilai tambak kapal Pelni, dan tidak harus menghadapi resiko macet di perjalanan,” tegas Sujadi.(helmi)