Angkasa Pura 2

Libur Long Weekend, Penumpang KRL Meningkat 15 persen

EmplasemenSabtu, 7 Mei 2016
Ari alias Utari_919091


JAKARTA (beritatrans.com) –  Libur long weekend tak hanya moda transportasi jarak jauh saja yang mengalami peningkatan jumlah penumpangnya, tetapi juga pada penumpang kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek.

PT KCJ menurut Manajer Humas, Eva Chairunnisa, pihaknya mencatat kenaikan volume penumpang mencapai 15 persen dibandingkan libur akhir pekan biasa.

“Normalnya pengguna jasa KRL pada akhir pekan 600-630ribu per hari, namun libur panjang kali ini, meningkat‎ hingga 700 ribu penumpang per hari,” jelas Eva dalam keterangan resmi yang diterima Beritatrans.com, Sabtu (7/5/2016).

Penumpang tertinggi, menurut Eva terjadi pada beberapa stasiun besar seperti stasiun Kota, Bogor, dan Tanah Abang.‎

“‎Stasiun – stasiun tersebut menjadi destinasi favorit lantaran lokasinya berdekatan dengan kawasan wisata dan perniagaan,” ungkap Eva.

‎Sebagai contoh, lanjut Eva, pada stasiun Tanah Abang, pada hari libur normal rata-rata penumpang hanya berkisar 44 ribu per hari. Namun pada 5 dan 6 Mei 2016, penumpang meningkat hingga 67 ribu per hari. 

“PT KCJ juga sempat memberlakukan sistem buka tutup di stasiun tersebut untuk flow penumpang yang akan menuju loket dan peron agar tetap kondusif,” kata Eva.

Untuk meningkatkan pelayanan dan keamanan, di tiap-tiap stasiun, terutama stasiun ramai, jumlah petugas ditambah dua hingga tiga kali lipat, dibandingkan kondisi normal.

Misalnya saja, dikatakan Eva, di stasiun besar Bogor, bila kondisi normal jumlah petugas sebanyak 14 orang, maka pada libur long weekend ini disiapsiagakan 40 petugas.

‎”Mengingat pada musim liburan mayoritas penumpang merupakan masyarakat yang tidak setiap hari menggunakan KRL, maka sejumlah himbauan dan informasi terkait tata tertib serta ketentuan terus ingatkan oleh petugas announcer stasiun dan Petugas Pelayanan Krl (PPK) di dalam rangkaian,” imbuh Eva.

Tak hanya itu saja, KCJ juga mengimbau bagi penumpang yang membawa anak-anak, maka untuk menjaga dan tidak melepas perhatian, demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. (omy)‎

loading...