Angkasa Pura 2

Awas, Kemacetan Masih Hantui Ruas Jalan di Jawa Tengah dan Jawa Barat

Destinasi KoridorMinggu, 8 Mei 2016
IMG_20160507_211545

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pakar Transportasi Masyaraat Transportasi Indonesia (MTI) Jawa Tengah Djoko Setiowarno mengatakan, kemacetan masih akan mewarnai arus mudik dan balik akhir pekan ini. Kondisi semakin parah jika tidak dilakukan rekayasa lalu lintas pada waktu dan tempat yang tepat.

“Puncak arus balik yang diproyesikan Minggu (8/5/2016) ini, kemacetan lalu lintas akan terjadi khususnya di beberapa titik krusial seperti Gerbang Tol Pejagan, Gerbang Tol Palimanan, Gerbang Tol Cikarang Utama dan lainnya. Kondisi semakin parah jika sampai terjadi kecelakaan di ruas jalan yang dilalui arus mudik dan balik,” sebut Djoko saat dikonfirmasi BeritaTrans.com, Minggu.

Menurutnya, kemacetan serupa juga terjadi di beberapa pintu masuk atau keluar objek wisata ternama di Tanah Air seperti Kota Bandung, Puncak Bogor, Solo, Yogyakarta dan lainnya juga masih akan dihantui kemacetan lalu lintas yang padat.

“Memang sulit menghindari kemacetan lalu lintas tersebut, jika Pemerintah dan pemda tidak membangun angkutan umum yang baik dan memadahi. Selain itu juga membangun transportasiantarmoda yang baik dan menjangkau pemukiman warga,” kilah Djoko.

Dikatakan, orang ramai-ramai pulang mudik dengan kendaraan pribadi yang akhirnya memicu kemacetan lalu lintas yang parah salah satunya karena tak ada angkutan umum yang baik. Jika tak ada angkutan umum yang baik, maka orang mudik tentu lebih suka menggunakan kendaraan pribadi meski resiko macet di jalan sangat tinggi.

“Selama ini, angkutan umum hanya ada seperti Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), atau KA jarak jauh. Tapi angkutan lanjuntan di daerah tidak ada. Sementara, orang mudik ke kampung pasti membutuhkan angkutan lanjutan baik saat akan bertemu keluarga atau bermain ke objek wisata tertentu. Jika keadaaan itu tak segera dibenahi, maka setiap libur panjang atau Lebaran dan Natal serta Tahun Baru akan tetap terjadi kemacetan panjang,” tegas Djoko.

Puncak arus balik diperkiraan baru akan terjadi Minggu (8/5/2016) siang hingga malam hari. Jika tak diantisipasi dengan baik, bisa memicu kemacetan panjang dan merugikan semua pihak.

Pantauan BeritaTrans.com sepanjang Sabtu (7/5/2016) malam, sepanjang ruas Tol Cipali sampai Tol Cikampek arah Jakarta arus lalu lintas terpantau padat bahkan di titik pembayaran tol seperti Gerbang Tol Palaimanan, Gerbang Tol Cikopo, sampai Gerbang Tol Cikarang Utama masih diwarnai kemacetan dan antrean panjang.

Liburan panjang akhir pekan, seperti terjadi sejak Kamis-Minggu akhir pekan ini menjadi momentum bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk mudik ke berbagai daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta sampai Jawa Timur. Kasus serupa juga terjadi untuk tujuan ke berbagai kota Sumatera.(helmi)

loading...