Angkasa Pura 2

Suparmin: Koperasi TKBM Segera Ubah Sistem Pengerahan Buruh

DermagaSenin, 9 Mei 2016
20160509_172443

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Tanjung Priok akan mengubah sistem pengerahan operasional buruh dari sistem ‘alokasi’ menjadi sistem ‘sektor/ terminal.’

Suparmin, Sekretaris Koperasi TKBM mengatakan perubahan sistem dalam pengerahan buruh dimaksudkan agar ada pemerataan bagi TKBM dalam memperoleh kesempatan kerja.

Dia mengatakan dengan sistem ‘alokasi’, operasional TKBM langsung ditangani Perusahaan Bongkar Muat (PBM).Dampaknya buruh yang dialokasikan pada PBM banyak kerjaan selalu mendapat kerja.

Sebaliknya bagi buruh yang dialokasikan pada PBM jarang dapat kerjaan menjadi jarang bekerja. Ada hanya kerja dua kali dalam sebulan, katanya.

Tapi dengan sistem sektor/ terminal, tambah Suparmin, pengerahan TKBM diatur oleh Koperasi secara bergiliran, sehingga ada keadilan bagi semua buruh dalam memperoleh kesempatan kerja.

Selain itu tambah Suparmin, pada tahun 2016 ini sekitar 2000 TKBM akan ditingkatkan profesionalitasnya dengan mendidik mereka pada lembaga sertifikasi profesi. ” Koperasi sedang melakukan penjajakan untuk menentukan lembaga yang akan kita ajak kerjasama dalam memberikan sertifikasi profesi kepada TKBM.”

Perubahan sistem dalam pengerahan TKBM mau pun pendidikan sertifikasi profesi bagi buruh sudah menjadi program koperasi pada tahun 2016, kata Suparmin kepada BeritaTrans. com dan tabloid mingguan Berita Trans, Senin (9/52016).
(wilam)

loading...