Angkasa Pura 2

KCJ Targetkan 18 Transformasi Rangkaian Hingga Akhir Tahun

Ekonomi & Bisnis EmplasemenKamis, 12 Mei 2016
IMG-20160512-WA000

LEBAK (beritatrans.com) – PT Kereta Api Commuter Jabodetabek (KCJ) menargetkan transformasi 18 rangkaian hingga akhir tahun 2016. Dari delapan dan 10 kereta (gerbong, red) menjadi 12 kereta, untuk meningkatkan kapasitas angkut.

Direktur Utama PT KCJ, Muhammad Nurul Fadhilah (Fadhil) mengungkapkan, saat ini sudah ada 11 rangkaian yang dilakukan transformasi. Dengan begitu tersisa tujuh rangkaian lagi yang akan dirampungkan hingga akhir tahun.

“Ini untuk mengakomodir jumlah penumpang, terutama pada pix hour, jam berangkat dan pulang kerja penumpang,” ungkap Fadhil kepada beritatrans.com di Lebak, Rabu (11/5/2016).

Selain transformasi menjadi 12 kereta, menurut Fadhil, pihaknya juga mereplace dari delapan kereta menjadi 10 kereta. Targetnya semua rangkaian akan menjadi 10 dan 12 kereta.

“Saat ini setiap harinya berjalan 75 rangkaian, dimana 25 rangkaian terdiri dari 10 kereta,” imbuh Fadhil.

Untuk operasional rangkaian 12 kereta, menurut Fadhil, saat ini dilakukan pada jam-jam sibuk. Dengan begitu daya angkut akan semakin besar, untuk memenuhi kebutuhan penumpang.

Penggabungan atau transformasi rangkaian, lanjut Fadhil tidak memerlukan waktu banyak, sehingga tetap bisa melayani penumpang tanpa hambatan.

“Selain melakukan transformasi, kami juga masih akan mendatangkan 60 kereta tahun ini. Mulai Juni, akan tiba di Jakarta,” kata Fadhil. (omy)