Angkasa Pura 2

Mudik Gratis Pengguna Sepeda Motor Tingkatkan Keselamatan

KoridorJumat, 13 Mei 2016
IMG-20160513-WA009

JAKARTA (beritatrans.com) – Mudik gratis bagi pengguna sepeda motor menggunakan truk dan bus pada angkutan mudik lebaran 2016 diharapkan dapat meningkatkan keselamatan di jalan raya.

Menurut Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Pudji Hartanto, selama ini, sepeda motor penyumbang tingginya tingkat kecelakaan lalu lintas jalan.

“Apalagi bila memasuki musim mudik lebaran, jumlah sepeda motor juga meningkat 5-8 persen, padahal korban meninggal akibat kecelakaan menggunakan motor juga mendominasi,” tutur Pudji pada Sosialisasi Mudik Gratis Pengguna Sepeda Motor Tahun 2016 di Jakarta, Jumat (13/5/2016).

Diselenggarakannya mudik gratis pengguna sepeda motor ini, lanjut Pudji, agar selamat, lebih nyaman, tertib, dan selamat sampai tujuan dan kembali lagi ke Jakarta.

“Sepeda motor rentan dari masalah keselamatan dan ini diantisipasi dengan menggelar mudik gratis,” kata Pudji.

Untuk itu, menurut Pudji pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, melakukan inovasi peningkatan dalam hal pelayanan. Jumlah dan kualitasnya ditingkatkan.

“Pada tahun lalu, anggaran yang dikucurkan Rp5 miliar dan tahun ini menjadi Rp20 miliar,” imbuh Pudji.

Disiapkan kapasitas untuk 24 ribu penumpang dan 12 ribu sepeda motor. Diangkut dengan 240 truk untuk sepeda motornya dan 553 bus untuk penumpang. (omy)