Angkasa Pura 2

BPJT Berencana Sediakan Jalur Khusus Angkutan Umum Di Ruas Tol

KoridorSabtu, 14 Mei 2016
KEMACETAN PANJANG

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana membuat jalur khusus angkutan umum di jalan tol. Lajur khusus itu rencananya memakai satu dari beberapa lajur yang di jalan bebas hambatan tersebut. Dengan begitu, diharapkan bisa menekan kemacetan sekaligus meningkatkan pelayanan ke masyarakat.

“Masih tahapan progres untuk bagaimana kita menggunakan satu lajur di tol bisa dilalui oleh angkutan umum yang mempunyai kapasitas yang besar (lebih dari 16 orang),” ujar Direktur Perencanaan dan Pengembangan BPTJ Suharto di Jakarta, kemarin.

Dikatakan, rencana penyediaan lajur khusus di jalan tol dimaksudkan agar masyarakat mau beralih dari angkutan pribadi ke angkutan umum. Dengan adanya lajur khusus itu, angkutan umum bisa melaju lebih cepat.

Meski begitu, Suharto mengatakan bahwa lajut khuaua angkutan umum di jalan tol tidak permanen. Lajur tersebut hanya akan diberlakukan ada jam-jam adat di jalan tol.

Saat ini, BPTJ terus menjalin koodinasi dengan pengeloala jalan tol, Binamarga, hingga pihak Kepolisian.

Diharapkan rencana tersebut bisa teralisasi pada tahun ini. Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menyambut baik rencana tersebut. Ia menilai upaya BPTJ menyediakan lajur khusus angkutan umum di jalan tol sangat tepat.

“Jika bisa terealisir sangat bagus. Mungkin dapt dilakukan parsial waktunya tertentu yang cukup padat lalu lintasnya,” kata Djoko kepada Kompas.com.

Meski begitu, ia meminta BPTJ untuk mencermati sejumlah hal terkait pengaturan teknisnya. Hal itu dinilai sangat penting karena berkaitan dengan aspek keselamatan angkutan umum.(hel/kom)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari