Angkasa Pura 2

Pepen: Pusbang SDM Aparatur Targetkan Diklat 5.000 Pegawai Di Tahun 2016

SDMSenin, 16 Mei 2016
Pepen dan Staf Semplak

BOGOR (BeritaTrans.com) – Pusat Pengembangan SDM Aparatur, Badan Pengembangan SDM Perhubungan menargetkan untuk menyelenggarakan pendidikan dan latihan (diklat) bagi 5.000 orang pegawai Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Sampai 16 Mei 2016, sudah 1.444 orang mengikuti bahkan menyelesaikan diklat di Kampus Pusabang SDM Aparatur Perhubungan di Semplak, Bogor.

“Berbagai jenis diklat digelar Pusbang SDN Aparatur. Mulai diklat teknis sampai diklat pimpinan (diklatpim) II, III dan IV akan dilaksanakan di tahun 2016,” kata Kapusbang SDM Aparatur Drs. Pepen Supendi Yusup M.Si kepada BeritaTrans.com di kantornya, Bogor, Senin (16/5/2016).

Pusbang Aparatur Semplak

Sampai tanggal 16 Mei 2016, tercatat ada 1.444 orang peserta diklat baik yang sudah atau masih dalam proses menyelesaikan diklat di Kampus Pusbang SDM Aparatur Perhubungan di daerah, Semplak, Bogor, Jawa Barat.

“Khusus hari ini (16 Mei 2016), ada empat jenis diklat yang dibuka di Pusbang SDM Aparatur Perhubungan di Semplak, Bogor. Mereka akan menyelesaikan diklat secara bertahap, paling lama sampai awal Juni 2016 mendatang,” jelas Pepen didampingi Kabag Umum Pusbang Aparatur Syafek Jamhari, M.Pd itu.

Sampai pertengahan Mei 206, tercatat sebanyak 49 jenis diklat sudah dilakukan sejak 1 Februari sampai 16 Mei 2016. Pesertanya adalah aparatur perhubungan dari pusat sampai unit pelaksana teknis (UPT) di daerah di Indonesia.

“Pusbang SDM Aparatur Perhubungan selain melaksanakan Diklat Struktural juga fungsional maupun manajerial yang pelaksanaannya singkat dan diikuti pegawai Kementerian Perhubungan dari tingkat pusat sampai UPT di seluruh Indonesia,” kata Pepen.

Sementara, jenis diklat sudah dan tengah berlangsung di kampus Pusbang SDM Aparatur Perhubungan saat ini banyak, mulai Diklat Pengadaan Barang/ Jasa Tingkat Dasar sampai Diklatpim IV dan III sudah digelar tahun ini.

Pepen - Syafek dan Bambang

“Mereka adalah calon pimpinan Kementerian Perhubungan kini dan mendatang,” sebut Pepen.

Diklat Aparatur Perhubungan yang masih akan melaksanakan 102 jenis diklat. Diklat tersebut akan dipusatkan di Kampus Pusbang SDM Aparatur di Semplak Bogor.

“Mulai Diklat Bimtek Angkatan I sampai Diklatpim Tingkat II akan dilaksanakan sampai akhir tahun 2016 nanti. Bagi aparatur perhubungan yang sudah memenuhi syarat dan disusulkan oleh pejabat yang berwenang di bidang kepegawaian, silakan ikut,” papar Pepen.

Untuk meningkatkan kualitas diklat dan hasil yang diperoleh, menurut Pepen, Pusbang SDM Aparatur mendatangkan para pejabat dan akademisi yang berwenang di bidangnya untuk menjadi pengajar atau narasumber di Pusbang SDM Aparatur di tahun 2016 ini.

“Kita sesuaikan dengan jenis diklat serta para audiennya. Para Widyaiswara yang menjadi pembicara beragam, mulai Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si, Irjen Kemenhub Dr.Cris Kuntadi, Ak, MM, dan Deputi Bidang Pembinaan Diklat Aparatur LAN, Dr. Moh. Idris, kita undang untuk memberikan ceramah terkait isu strategis dan kebijakan terkini,” kata Syafek menambahkan.

Menurut dia, untuk meningkatkan kualitas diklat bagi aparatur Kemenhub, sering pula mendatangkan pembicara dari Kementerian/ lembaga di luar Kemenhub.

Peserta Diklatpim Semplak

“Kita sering mendatangkan widyaiswara dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) seperti Bambang Sapto, yang juga mantan Sekretaris Utama KPK. Pernah pula mengundang Kepala BPSDM Kementerian Pertahanan, untuk memberikan kuliah mengenai wawasan kebangsaan dan bela negara,” tukas Syafek.

Yang pasti, tambah Kapusabang SDM Aparatur Pepen Supendi Yusup, pihaknya ingin memberikan diklat aparatur perhubungan dengan kualitas terbaik, mulai dari fasilitas dan prasarana diklat, akomodasi dan ruang penginapan atau asrama, yang terbaik.

“Dan tentunya Wisdyaiswara yang akan menjadi fasilitator serta pemateri yang benar-benar berkualitas dan mencerahkan,” tegas Pepen Supendi Yusup.(helmi)