Angkasa Pura 2

Sekjen Sugihardjo Resmikan Pelabuhan Sukadana Besok

DermagaJumat, 20 Mei 2016
Sugihardjo_1

KAYONG UTARA (beritatrans.com) – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Sugihardjo berencana meresmikan Pelabuhan Sukadana, Kayong Utara, Kalimantan Barat, Sabtu (21/5/2016). Selain Pelabuhan Sukadana, akan turut diresmikan Pelabuhan Kuala Jelai, Sukamara, Kalimantan Tengah.

“Pelabuhan Sukadana selesai dibangun pada tahun 2015 menggunakan dana APBN sebesar Rp75,4 miliar,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hemi Pamuraharjo melalui keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com dan tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Jumat (20/5/2016).

Dengan selesainya pembangunan, saat ini pelabuhan Sukadana telah dilengkapi sejumlah fasilitas. Pada sisi laut fasilitas yang dimiliki antara lain dermaga berukuran 70×8 m2, trestle berukuran 366×6 m2, dan kedalaman kolam -5 mLWS yang dapat disandari kapal berukuran hingga 1.000 DWT (kapal kargo).

Pada sisi darat, dengan luas areal pelabuhan 210×125 m2, Pelabuhan Sukadana memiliki terminal penumpang berukuran 15×7,5 m2. Serta dilengkapi pula dengan gedung perkantoran, dan lapangan penumpukan seluas 1.815 m2.

Pelabuhan Sukadana diharapkan dapat menjadi pintu masuk melalui laut untuk daerah-daerah sekitar yang tidak mempunyai pelabuhan seperti Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Melawi, dan Kabupaten Sintang.

“Pemerintah Kabupaten sedang buat jalan tembus, nantinya barang-barang akan dihasilkan dan dikirim lewat pelabuhan Sukadana” kata Kepala Kantor Unit Pelayanan Pelabuhan Kelas III Teluk Melano Nuriman Setia.

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari