Angkasa Pura 2

Nyaris Daratkan Pesawat Di Jalan Raya, 2 Pilot IndiGo Dihukum

KokpitSelasa, 24 Mei 2016
BL28ASH1_513604f

MUMBAI (BeritaTrans.com) – Maskapai penerbangan asal India, IndiGo, melarang dua pilotnya terbang setelah mereka mencoba mendaratkan pesawat di jalan raya sebagai landasan pacu. Pihak maskapai menduga keduanya salah memperkirakan bahwa area pendaratan tersebut adalah jalan raya.

Saat kejadian, penerbangan domestik IndiGo dari Ahmedabad ke Jaipur itu telah siap mendarat. Namun, tiba-tiba muncul peringatan “medan pendaratan terlalu rendah” di kokpit pesawat kepada kedua pilot.

“Kapten segera mengambil tindakan pencegahan dan membawa pesawat berputar-putar di udara. Pesawat akhirnya mendarat dengan selamat pada percobaan berikutnya,” ujar pihak maskapai dalam pernyataan mereka, seperti dikutip Channel News Asia, Senin (23/5/2016).

Insiden tersebut terjadi pada 27 Februari 2016. Namun, media-media India baru mengangkat insiden tersebut. Menurut Hindustan Times, pesawat berada pada ketinggian 900 kaki dan hanya 90 detik dari pendaratan di sebuah jalan yang bersebelahan dengan landasan pacu.

IndiGo mengatakan kedua pilotnya itu baru sadar akan kesalahan mereka setelah diperingatkan oleh sistem peringatan kedekatan dengan tanah. Sistem tersebut akan langsung mengirim peringatan ke kokpit jika pesawat terbang sangat rendah hingga hampir menyentuh tanah atau menabrak sesuatu.

Salah satu maskapai terkemuka India itu langsung menangguhkan kedua pilot yang tidak diketahui namanya tersebut. “Insiden tersebut sudah dilaporkan ke Direktorat Jenderal Penerbangan Sipil oleh Departemen Keamanan Penerbangan IndiGo,” tutup pernyataan pihak maskapai.

Pemerintah India sedang gencar meningkatkan sektor penerbangan mereka. Mereka ingin agar tarif penerbangan terjangkau bagi jutaan penduduknya. Namun, insiden menyangkut keamanan penerbangan masih menjadi hantu menakutkan di tengah meningkatnya frekuensi penerbangan bertarif rendah. (ray).