Angkasa Pura 2

Ketua KNKT: Keselamatan Pelayaran Belum Jadi Kesadaran Bersama

DermagaRabu, 25 Mei 2016
20160525_090546(2)

SURABAYA (beritatrans.com) – Keselamatan pelayaran masih belum menjadi kesadaran dan kebutuhan bersama. Selama ini keselamatan pelayaran seolah-olah hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Perhubungan. Demikian dikatakan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono saat memberikan sambutan dalam kegiatan sosialisasi Investigasi Kecelakaan dan Rekomendasi Keselamatan Pelayaran di Surabaya, Rabu (25/5/2016).

Hadir pada kesempatan itu Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono, Syahbandar Pelabuhan Tanjung Perak Hari Setyobudi, Kepala Distrik Navigasi Kelas I Surabaya Nyoman Sukayadnya, Ketua Sub Komisi Investigasi Kecelakaan Pelayaran KNKT Capt. Aldrin Dalimunte, Kepala Bagian Investigasi dan Kerjasama KNKT Juaksa Siahaan, dan para pejabat serta stakeholder lainnya.

Soerjanto mengatakan, masyarakat Indonesia masih belum menyadari bahwa aspek keselamatan dalam bertransportasi sangat penting. Mereka baru menyadarinya ketika terjadi musibah atau kecelakaan. Bahkan terkadang sering juga menganggap bahwa kecelakaan adalah nasib jelek yang menimpa orang yang terkena musibah itu.

“Padahal keselamatan pelayaran itu tanggung jawab dan kesadaran bagi semua pihak, mulai dari Kementerian Perhubungan, perusahaan pelayaran, nakhoda, perusahaan logistik, masyarakat, dan bahkan termasuk Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kepolisian, dan banyak instansi lagi,” kata Soerjanto.

20160525_094651(1)

Menurutnya, KNKT sendiri sebetulnya lebih banyak bertugas pada bidang investigasi kecelakaan transportasi, termasuk kecelakaan transportasi laut. Selain itu KNKT juga hanya bisa memberikan rekomendasi-rekomendasi dari hasil investigasi.

“Jadi untuk implementasi keselamatan di lapangan tergantung para pihak tersebut di atas, bagaimana mereka melaksanakan rekomendasi-rekomendasi dari KNKT,” tuturnya.

Pada kesempatan itu ia juga menilai bahwa Kementerian Perhubungan sejauh ini telah sangat akomodatif dan telah banyak merealisasikan berbagai rekomendasi dari KNKT dalam bentuk pembuatan berbagai regulasi yang menyangkut keselamatan.

“Pak Menteri Perhubungan sangat sigap. Banyak rekomendasi KNKT yang ditindaklanjuti dengan pembuatan regulasi-regulasi terkait dengan aspek keselamatan,” kata Soerjanto. (aliy)

loading...