Angkasa Pura 2

Kereta Tabrak Bus Transjakarta & Avanza, 2 Penjaga Perlintasan KA Jadi Tersangka

Emplasemen KoridorKamis, 26 Mei 2016
ini-penyebab-kecelakaan-kereta-vs-transjakarta-versi-kai-Z3zKQtiDMo

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Dua penjaga pintu perlintasan Kereta Api Gunung Sahari, Khairul Amri (29) dan Deni Sahbudin (28), ditetapkan menjadi tersangka.

Keduanya diduga lalai hingga terjadi kecelakaan Bus gandeng Trans Jakarta dan mobil Avanza dengan Kereta Api Senja Utama Solo.

Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, mengatakan penetapan kedua penjaga pintu perlintasan KA tersebut lantaran tidak menjalankan tugasnya sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) KA.

“Dua jari lalu kedua penjaga pintu kereta itu sudah jadi tersangka. Mereka mengakui lalai dalam menjalankan tugasnya dan tidak sesuai SOP,” kata Budiyanto seperti dikutip poskotanews, Rabu (25/5).

Dikatakan, kelalaian tidak sesuai SOP dalam menjalankan tugas karena saat kejadiam terbukti tidur dan rekannya sedang sakit perut di kamar mandi. Sehingga mereka, lamban membunyikan sirine dan penutup pintu perlintasan saat KA melintas.

“Dari pemeriksaan berkelanjutan, juga ditemukan kelalaian yang mengakinatkan kerugian materi dan luka ringan terhadap korbannya,” jelasnya.

Meski menjadi tersangka, dua penjaga pintu pelintasan KA Gunung Sahari tersebut tidak ditahan, dan hanya dikenakan wajib melapor.

Polisi menjerat Pasal 360 KUHPidana Ayat 2 tentang kelalaian yang mengakibatkan korban luka ringan. Namun, kedua tersangka ini hanya kena wajib lapor saja, dan tidak ditahan,” katanya.

Kecelakaan terjadi, pada Kamis (19/5) sekitar pukul:04:35 wib saat itu Bus gandeng TransJakarta B7258TGB, melintas dari arah Senen menuju Ancol begitu juga dengan mobil Avanza B2198TFO, melintas dari arah sebaliknya.

Tiba-tiba Kereta Api Senja Solo melintas dari arah Kemayoran menuju Kota hingga tabrakan tidak terkendali di pintu perlintasan KA Gunung Sahari Raya, Pademangan, Jakarta Utara. Dua korban sopir hanya mengalami luka ringan sedang kendaraannya rusak berat. (ani).

loading...