Angkasa Pura 2

Dengan Kapal Latih, BP2IP Barombong Lakukan Sosialisasi Ke Banjarmasin Kalsel

SDMSabtu, 28 Mei 2016
Tommy - kl barombong

SORONG (BeritaTrans.com) – Kampus Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong akhir pekan ini akan melakukan kunjungan dan sosialisasi penerimaan taruna baru tahun 2016 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Para dosen, instruktur dan taruna BP2IP Barombong akan memperkenalkan kampusnya ke masyarakat Banjarmasin.

“Perjalanan akan dilakukan dengan Kapal Latih (KL) Barombong, sekaligus latihan manuver kapal di sungai Barito,” kata Kepala BP2IP Barombong H.Irwan, SH, M.Pd, M.Mar.E kepada BeritaTrans.com di Sorong, Papua, Sabtu (28/5/2016).

Menurutnya, dalam pelayaran menuju Banjarmasin itu akan membawa sekitar 120 taruna lengkap dengan peralatan marching band Barombong.

“Dalam kunjungan ke Banjarmasin itu, mereka akan melakukan display marching band dengan beragam atraksi. Kemudian sosialisasi ke sekolah SMP dan SMA di Kota Banjarmasin,” jelas Irwan.

Dikatakan, dengan KL Barombong pula, ekspedisi BP2IP Barombong sebelumnya melakukan kunjungan dan sosialisasi ke Kota Palopo Sulawesi Selatan. “Di Palopo, tim kami diterima langsung Walikota Palopo dan sosialisasi langsung k SMP dan SMA disana,” jelas Irwan.

Melalui sosialisasi BP2IP Barombong itu, diharapkan makin banyak warga masyarakat tahu dan mau menjadi taruna pelaut di BP2IP Barombong.

“Daerah Indonesia timur termasuk Banjarmasin merupakan daerah potensial menjadi “pasar” taruna pelaut bagi BP2IP Barombong,” tukas Irwan.

“Diharapkan makin banyak anak-anak lulusan SMP di Banjarmasin mau bergabung menjadi taruna pelaut di Barombong, Sulawesi Selatan itu,” papar alumni PIP Makassar itu lagi.

Gaji Menjanjikan

Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si menambahkan, kebutugan pelaut nasional daan dunia makin tinggi, terutama para perwira. Gaji dan kesejahteraan mereka juga sangat menjanjikan dan tentunya di atas UMR.

“Pemerintah membangun lebih dari 200 kapal baru sampai 2019 mendatang. Sementara, ada 186 pelabuhan akan dibangun atau ditingkatkan kapasitasnya. Semua butuh SDM profesional untuk mengoperasikannya,” kata Tommy, sapaan akrab dia.

BPSDM Perhubungan tahun ini akan menerima 2.850 taruna baru dari berbagai matra transportasi. “Mereka akan dididik dan disiapkan menjadi perwira transportasi yang andal, trampil dan profesional,” sebut Tommy.

Kini sudah era pasar bebas. SDM asing termasuk di sektor transportasi boleh masuk Indonesia. Mereka tentu memiliki kompetensi yang baik di bidangnya masing-masing.

“Kita harus antisipasi semua itu dengan siapkan SDM unggul, termasuk para pelautnbya. Jangan sampai peluang yang ada justru ditempati SDM asing dan kita hanya menjadi penonton,” tegas Tommy.(helmi)

loading...