Angkasa Pura 2

Dirjen Prasetyo Kukuhkan 42 Tenaga Penguji Perkeretaapian

EmplasemenSaturday, 28 May 2016

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Prasetyo Boeditjahjono mengukuhkan 42 orang SDM Perkeretaapiaan sebagai tenaga penguji di bidang perkeretaapian pada Kamis (26/5/2016) lalu.

“Para tenaga penguji perkeretaapian ini mempunyai kewajiban melakukan pengujian sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku,” kata Prasetyo melalui keterangan tertulis yang diterima beritatrans.com dan Tabloid Mingguan Berita Trans di Jakarta, Sabtu (28/5/2016).

Para tenaga penguji juga minimal dalam waktu 2 tahun melakukan pengujian berdasarkan bidang masing-masing. Juga meningkatkan kemampuan dengan mengikuti pelatihan penyegaran, seminar, atau lokakarya di bidang tugasnya minimal sekali dalam 2 tahun.

Adapun ke-42 tenaga penguji tersebut terdiri dari 16 orang tenaga penguji sarana perkeretaapian, 17 orang tenaga penguji prasarana perkeretaapian (14 orang Bidang Jalur dan Bangunan Kereta Api serta 3 orang Bidang Fasilitas Pengoperasian Kereta Api), dan 9 orang tenaga penguji awak sarana perkeretaapian.

Prasetyo mengatakan, wajah perkeretaapian Indonesia telah mengalami perkembangan yang begitu pesat. Berbagai progam pembangunan perkeretaapian yang sedang dilaksanakan seperti Trans Sumatera, Trans Sulawesi, Jalur Ganda Selatan Jawa serta pembangunan MRT dan LRT membutuhkan banyak sekali SDM Perkeretaapian termasuk di dalamnya Tenaga Penguji Perkeretaapian.

“Dalam rangka persiapan penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2016/1437 H diharapkan tenaga penguji perkeretaapian dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” ujar Prasetyo.

Dengan demikian, lanjutnya, dapat mendukung penyelenggaraan Angkutan Lebaran yang mengutamakan keselamatan, keamanan serta kenyamanan bagi pengguna jasa kereta api. (aliy)