Angkasa Pura 2

Tommy: 20 Perwira Lulusan BP2IP Sorong Langsung Direkrut Meratus Lines

SDMSabtu, 28 Mei 2016
Tommy selamat Mou

SORONG (BeritaTrans.com) – Sebanyak 20 perwira lulusan Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Sorong langsung direkrut Pelayara Meratus Lines. Perusahaan pelayaran nasional itu mengoperasikan puluhan kapal baik dalam atau luar negeri.

Demikia disampaikan Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo,SH, M.Si didampingi Kepala BP2IP Sorong Capt. Heru Susanto,MM kepada BeritaTrans.com di Sorong, Sabtu (28/5/2016).

Menurutnya langkah dan kebijakan BP2IP Sorong menjalin kerja sama dengan perusahaan pelayaran untuk menampung kadet dan merekrut perwira pelaut lulusannya sangat baik dan layak ditiru kampus transportasi lainnya.

“Sejak awal pihak kampus membantu mencarikan kapal untuk kadet yang akan naik praktek laut (prala). Selanjutnya, bagi mereka yang berkinerja baik dan berprestasi langsung direkrut setelah lulus nanti,” jelas Tommy, sapaan akrab dia.

Selama ini, lanjut Tommy, perusahaan Meratus Lines selalu menampung kadet dari BP2IP Sorong untuk naik prala. “Dengan begitu, perusahaan pelayaran itu sudah membantu meningkatkan kualitas diklat kepelautan di Tanah Air,” sebut dia.

Prala merupakan salah satu agenda akademik semua sekolah pelayaran di Indonesia bahkan dunia. Tapi, banyak sekolah atau tarunm pelaut yang kesulita mendapatkan kapal untuk prala.

“Taruna seperti inilah yang harus dibantu. Bagaimana mereka mendapatkan kapal yang bisa menampung untuk ikut prala,” papar Tommy.

Menurut dia, perusahaan pelayaran nasional bisa membantu berpartisipasi dalam proses diklat para taruna peluat. “Mereka bisa menampung mereka ikut prala, mendidik dan melatih mereka di kapal,” terang dia.

“Semua perwira yang direkrut Meratus Lines sudah ikut berlayar atau prala selama setahun di Meratus Lines. Prestasinya baik dan kini langsung direkrut untuk bekerja,” kata Capt. Heru menambahkan.

Siap Penuhi Kebutuhan Pasar

BPSDM Perhubungan berharap, jika mungkin, bekerja sama ikut mendidik, menyiapkan serta merekrut mereka setelah lulus nanti.

“Kita sudah menerapkan konsep three in one, yaitu rekrut, didik dan tempatkan para perwira pelaut lulusan sekolah BPSDM Perhubungan,” tukas Tommy.

“Apa maunya mereka dan sosok pelaut seperti apa yang dibutuhkan, kita siap dan sanggup mendidik dan mnenyiapkan,” kata Capt. Heru Susanto menambahkan.

Kampus transportasi termasuk BP2IP Sorong siap mendidik pelaut profesional dan tangguh sesuai kebutuhan pasar. “Kualitas diklat dan mutu sekolah pelaut di Sorong sama dengan di Jawa bahkan di dunia,” jelas Capt. Heru.

“Kampus BP2IP Sorong sudah comply STCW-2010 Amandemen Manila. Kampus ini juga sudah menerima approval untuk menyelenggarakan diklat pelaut (DP) tingkat III,” terang Capt. Heru.

“Dengan pengakuan dan kewenangan untuk menggelar diklat DP-III sudah didapatkan dari Ditkappel Ditjen Perhubungan Laut. BP2IP Sorong juga tengah dalam proses mendapatkan ISO mengenai kualitas diklat kepelautan. Semua membuktikan BP2IP Sorong sudah memenuhi standard diklat pelaut yang baik,” tegas Capt. Heru.(helmi)

loading...
Terbaru
Terpopuler
Terkomentari