Angkasa Pura 2

BP2IP Barombong Siap Berubah Menjadi Akademi Pelayaran Barombong

SDMMinggu, 29 Mei 2016
Irwan heru tommy

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kampus Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan segera berubah menjadi Akademi Pelayaran Barombong. Perubahan itu mengikuti ketentuan pemerintah dan telah diatur dalam UU Pendidikan Tinggi, bahwa sekolah-sekolah kedinasan yang dikelola kementerian teknis harus dalam dua bentuk, yaitu politeknik dan akademi.

Kepala BP2IP Barombong H. Irwan, SH, M.Pd, M.Mar.E mengatakan, pihak sudah mempersipkan diri menjadi lembaga pendidikan “baru” nanti. “Kini persiapan terus dilakukan, baik infrastruktur diklat, dosen dan instruktur serta fasilitas pendukung lainnya. Saat menjadi Akademi Pelayaran Barombong, semua sudah siap dan langsung menerima taruna baru,” katanya menjawab BeritaTrans.com di Jakarta, Minggu (29/5/2016).

Kebijakan tersebut tinggal menunggu aturan hukumnya yaitu PP yang belum keluar. “Kalau Paraturan Pemerintah (PP) yang mengatur itu sudah keluar, kita siap berubah menjadi akademi. Sebagai sekolah kedinasan di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Kementerian Perhubungan BP2IP Barombong harus siap mendukung program pemerintah,” jelas Irwan lagi.

Wisuda BP2IP Barombong1

Dia menambahkan, menjelang tahun ajaran baru 2016/2017, Kampus BP2IP Barombong terus mengefektifkan sosialisasi sekaligus unjuk kemampuan para taruna pelaut dari Barombong itu. “Sebelumnya, kita sosialisasi dan bertemua Walikota Polopo, Sulsel. Hari ini, Minggu (29/5/2016) kembali berlayar ke Banjarmasin Kalimatan Selatan untuk sosialisasi ke masyarakat terutama SMP dan SMA di Kota Banjarmasin,” tukas Irwan.

Dalam setiap kunjungan dan sosialisasi ke daerah tersebut, tambah Irwan, BP2IP Barombong membawa tim besar, baik dosen dan instruktur serta sekitar 120 taruna. Mereka akan anggota marching band BP2IP Barombong yang siap melakukan display dan atraksi di depan masyarakat yang dikunjungi.

“BP2IP Barombong aktif memperkenalkan diri ke masyarakat untuk bisa menarik simpati mereka dan mau bergabung menjadi taruna pelaut di BP2IP Barombong. Menjelang tahun ajaran baru nanti, kita terus efektifkan sosialisasi ke masyarakat agar tahu dan mau menjadi taruna pelaut bergabung dengan BP2IP Barombong,” tegas Irwan.(helmi)

loading...