Angkasa Pura 2

Rizal Ramli: Kembangkan Bandara Sibisa Di Samosir

BandaraSenin, 30 Mei 2016
Bandara-Sibisa

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Kementerian Koordinator bidang Maritim dan sumber Daya akan segera membenahi berbagai fasilitas masuk menuju Danau Toba terutama bandara. Menko Maritim Rizal Ramli pun memerintahkan untuk segera mengembangkan Bandara Sibisa, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara.

Menurut Rizal, keberadaan Bandara Sibisa berfungsi untuk menarik wisatawan mancanegara (wisman).

“Kita akan bangun Sibisa yang jaraknya lebih dekat ke Danau Toba sehingga bisa untuk internasional,” ujarnya dalam acara ‘Malam Budaya Menyongsong Badan Otorita Danau Toba’ di Gedung BPPT, Minggu (29/5).

Rizal menilai bandara yang sudah bagus saat ini, terlalu jauh dari Danau Toba. Padahal, wisman menginginkan akses yang lebih dekat dan efisien.

Selain pengembangan bandara, ia juga berencana membangun ring road atau jalan lingkar Medan-Parapat demi mengakomodasi wisatawan domestik (wisdom). “Di dalam Toba-nya sendiri kita bikin ring road di Pulau Samosir dan buat outer ringroad di luar Pulau Samosir,” katanya.

Tidak hanya pembenahan transportasi dan infrastruktur jalan raya, Rizal juga meminta pemerintah daerah perbaiki listrik, air bersih, dan jaringan internet. (kor).