Angkasa Pura 2

AP II Akan Uji Coba Pengoperasian Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta

Bandara KokpitSelasa, 31 Mei 2016
Terminal 3 Ultimate

JAKARTA – PT Angkasa Pura II akan menjalankan sedikitnya tiga kali uji coba pengoperasian Terminal 3 Ultimate di Bandara Soekarno Hatta Cengkareng, Tangerangm Banten. Oleh karena itu, AP II sebagai operator bandara terbesar di Indonesia itu akan melakukan uji coba untuk memastikan pelayanan terminal 3 dalam kondisi prima.

Public Relation (PR) Manager PT Angkasa Pura II Chaerul Anwar mengatakan uji coba perdana yang dilakukan pekan lalu hanya terkait arus penumpang, mulai dari kedatangan, check-in hingga penanganan bagasi atau baggage handling.

“Uji coba perdana dilakukan, tapi tanpa ada pesawat atau flight. Jadi hanya trial untuk arus penumpang saja, mulai dari kedatangan, check in, dan bagasi. Pokoknya seperti penumpang ketika berangkat,” katanya di Jakarta, kemarin.

Chaerul menambahkan uji coba yang telah dilakukan tersebut masih terdapat sedikit kekurangan. Namun secara umum, lanjutnya, uji coba arus penumpang di Termial 3 Ultimate tersebut berjalan cukup baik.

Dia menuturkan Angkasa Pura II bersama para pemangku kepentingan lainnya akan kembali melakukan sejumlah uji coba operasi setiap pekannya. Sayangnya, dia belum tahu secara pasti kapan uji coba tersebut akan dilakukan kembali.

“Rencananya, trial akan dilakukan seminggu sekali. Kita akan mengukur sejauh mana trial operation itu berjalan, apakah ada kendala atau tidak. Begitu juga arus penumpang. Kita akan terus menguji itu,” ujarnya seperti dikutip bisnis.com.

Chaerul menilai Terminal 3 Ultimate sebenarnya sudah bisa dioperasikan. Dia optimistis Garuda Indonesia dapat memulai melayani penerbangan di terminal tersebut pada 15 Juni mendatang, baik untuk penerbangan domestik maupun interrnasional.

Garuda Pindah 15 Juni 2016

Vice President Corporate Communication PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) Benny S. Butarbutar menuturkan Garuda Indonesia, Angkasa Pura II, Airnav Indonesia dan Pertamina, dan pihak terkait lainnya optimistis bisa merealisasikan target. Sesuai rencana, , maskapai Garuda Indonesia Tbk. mulai melayani penerbangan di Terminal 3 Bandara Soetta pada 15 Juni 2016 mendatang.

“Memang ada koordinasi yang harus dilakukan lebih intens lagi agar kebutuhan operator penerbangan bisa terjamin dengan baik. Kita berharap dan optimisis Angkasa Pura II mampu memenuhi target itu,” tuturnya.

Benny menambahkan Garuda Indonesia juga sudah menyiapkan seluruh kebutuhan secara maksimal untuk mulai beroperasi di Terminal 3 Ultimate, baik dari sisi sistem, instalasi IT, lounge Garuda Indonesia dan personel.

Seperti diketahui, Terminal 3 Ultimate bakal digunakan untuk penerbangan internasional dan penerbangan domestik Garuda Indonesia. Di luar itu, penerbangan domestik akan dilayani di terminal 1 dan terminal 2.(dar/bis)

loading...