Angkasa Pura 2

Dirjen Heru Pambudi Hadiri Pertemuan ASEAN Directors-General of Customs Di Kamboja

DermagaRabu, 1 Juni 2016
BC-kamboja

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi menghadiri pertemuan ke-25 ASEAN Directors-General of Customs di Phnom Penh, Kamboja pada 25-27 Mei 2016.

Pertemuan yang diketuai oleh Direktur Jenderal General Department of Customs and Excise of Cambodia Dr. Kun Nhem ini, kemenkeu.go.id merilis dihadiri oleh perwakilan dari sepuluh negara anggota ASEAN bersama dengan ASEAN Secretariat.

Pertemuan ini membahas perkembangan terkini komite/kelompok kerja terkait kepabeanan yang berada di bawah ASEAN, yaitu Coordinating Committee on Customs (CCC), Customs Procedures and Trade Facilitation Working Group (CPTFWG), Customs Enforcement and Compliance Working Group (CECWG), Customs Capacity Building Working Group (CCBWG), danASEAN Single Window Steering Committee (ASWSC).

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), beberapa capaian penting kelompok kerja tersebut dalam setahun terakhir antara lain finalisasi teksASEAN Harmonised Tariff Nomenclature (AHTN) 2017, formulasi broad directions for customs activities untuk periode 2016-2025, dan identifikasi Key Performance Indicators (KPIs) untuk customs sebagaimana dimandatkan oleh ASEAN Economic Ministers.

Selain itu, pertemuan juga menyepakati broad directions for customs activities untuk periode 2016-2025; proposalASEAN Secretariat terkait rencana pengembangan KPIs Rencana Kerja Sektoral untuk Customs; dan proposal agar ASEAN Customs Transit System (ACTS) Central Management Team bermarkas di ASEAN Secretariat dan bertugas mengelola fase roll-out dan Operasi Jangka Panjang ACTS.

Pada hari kedua, dalam rangka memperkuat kerja samacustoms-to-customs, pertemuan melakukan sesi konsultasi dengan administrasi pabean Tiongkok, Jepang, dan Korea.

Selain itu, dalam rangka memperkuat kerja sama customs-to-business, pertemuan juga melakukan sesi konsultasi dengan US-ASEAN Business Council (US-ABC), EU-ASEAN Business Council (EU-ABC) dan Conference of Asia-Pacific Express Carriers (CAPEC).

Pada sesi konsultasi dengan US-ABC tersebut, Direktur Jenderal Bea dan Cukai mendapat kehormatan untuk menjadi co-chair bersama dengan perwakilan US-ABC Ambassador Michael M. Michalak. (awe).