Angkasa Pura 2

Sukseskan Sail Karimata, Kayong Utara Butuh Pasokan Listrik

Sail_Karimata

JAKARTA (beritatrans.com) – Kabupaten Kayong Utara Kalimantan Barat membutuhkan pasokan listrik yang stabil dan jaringan internet yang lancar guna menyukseskan gelaran Sail Selat Karimata 2016.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi Komunikasi Dinas Kominfo Kabupaten Kayong Utara Sya’bansyah seusai rapat koordinasi teknis persiapan Sail Selat Karimata 2016 yang digelar di Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta, Selasa (31/5/2016).

Menurut dia, saat ini, listrik dipasok dari Kabupaten Ketapang, namun masih belum mencukupi. Apalagi, nantinya Kabupaten Kayong Utara menjadi tempat puncak acara Sail Selat Karimata.

Sehingga dipastikan, akan banyak para turis, wisatawan yang akan melancong ke wilayah tersebut dan membutuhkan pasokan listrik untuk berbagai keperluan.

Untuk itu, pihaknya berharap hal ini dapat segera ditangani, sehingga gelaran Sail Selat Karimata dapat berjalan lancar dan sukses.

Selain itu, Sya’bansyah mengungkapkan, juga dibutuhkan jaringan internet yang stabil dan cepat. saat ini internet di wilayah tersebut masih sangat lambat. Setidaknya terdapat 43 BTS di Kabupaten tersebut yang tersebar tidak merata dan masih lambat.

“Kadang kalau hari libur, Sabtu-Minggu, tidak ada akses internet, kalau ada, lambat sekali,” katanya seperti dikutip Antara .

Bahkan di Kepulauan Karimata, salah satu daerah Kabupaten Kayong Utara, menurut dia, hanya terdapat satu BTS yang berasal dari program kewajiban layanan universal (USO). BTS tersebut sejak beberapa bulan ini bahkan tidak bisa digunakan karena tengah bermasalah, sehingga tidak ada sinyal di sana.

Untuk itu, ia berharap agar Kabupaten Kayong Utara dapat dihubungkan dengan kabel fiber optik sehingga internet dapat berjalan stabil dan lebih cepat. Selain itu, dengan fiber optik dapat digunakan oleh masyarakat di Kayong Utara setelah Sail Selat Karimata usai.

Puncak kegiatan layar “Sail Selat Karimata” 2016 akan digelar pada 15 Oktober 2015 di empat provinsi di Kalimantan Barat, Jambi, Bangka Belitung dan Kepulauan Riau. Sail Selat Karimata 2016 memasuki tahun ke delapan sejak digelar 2009.

Rangkaian acara utama pelayaran itu terdiri atas empat kegiatan. Pertama, seminar nasional tentang kemaritiman di Jambi pada 25 Agustus 2016. Kedua, puncak acara di Kabupaten Kayong Utara, Kalbar pada 15 Oktober. Ketiga, Festival Belitung pada 22 Oktober 2016 dan keempat Festival Bahari Kepri pada 28 Oktober 2016. (aliy)

loading...