Angkasa Pura 2

Pelabuhan Calang dan 5 Pelabuhan Lainnya Diresmikan Dirjen Tonny

DermagaKamis, 2 Juni 2016
IMG-20160602-WA010

ACEH JAYA (beritatrans.com) – Meningkatkan konektivitas dan keterhubungan antara pulau satu dan lainnya, Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Antonius Tonny Budiono meresmikan pelabuhan Calang di Provinsi Aceh dan lima pelabuhan di Pulau Sumatera.

Pelabuhan Singkil di Provinsi Aceh. Pelabuhan Sirombu dan Pelabuhan Tanjung Tiram di Provinsi Sumatera Utara, Pelabuhan Tua Pejat di Provinsi Sumatera Barat serta Pelabuhan Sadai di Provinsi Bangka Belitung.

“Pembangunan dan pengembangan keenam pelabuhan ini didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan total nilai investasi sebesar Rp264,4 miliar,” jelas Tonny di Calang, Aceh Jaya, Kamis (2/6/2016).

Tonny mengemukakan, dengan diresmikannya enam pelabuhan ini, maka diharapkan dapat memudahkan perpindahan orang dan barang dari satu tempat ke tempat lainnya.
IMG_20160602_111710
Dalam beberapa tahun terakhir ini, menurut Tonny, Kemenhub telah menyelesaikan pembangunan dan pengembangan 91 pelabuhan yang tersebar di 17 Provinsi. 11 pelabuhan dibangun di wilayah barat dan sisanya sebanyak 80 dibangun di wilayah timur Indonesia.

“Pembangunan pelabuhan di Pulau Sumatera ini juga berfungsi melayani pelayaran kapal perintis dengan kapal KM Sabuk Nusantara,” imbuh Tonny.

Jaringan trayek kapal perintis tersebut, meliputi trayek R-1, R-2 dan R-3 dengan kapal-kapalnya antara lain KM. Sabuk Nusantara 35, KM. Sabuk Nusantara 37, dan Kapal Coaster sebesar 1200 DWT. (omy)

loading...