Angkasa Pura 2

Capt. Hyronimus: BP2IP Tangerang Siap Terima 360 Taruna Baru 2016

SDMSabtu, 4 Juni 2016
Tommy Hyroo

TANGERANG (BeritaTrans.com) – Kampus Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang akan menerima 360 taruna baru dari berbagai program studi (prodi) di tahun 2016. Proses seleksi penerimaan calon taruna (catar) BP2IP Tangerang dimuai 24 Mei sampai 1 Juni 2016.

Kepala BP2IP Tangerang Capt. Hyronimus A,Taneh M.M.Tr. M.Mar kepada BeritaTrans.com di kantornya Tangerang, Jumat (3/6/2016) mengatakan, pihaknya akan menerima taruna dari empat prodi yang berbeda, masing-masing akan menerim 90 taruna baru yang terbaik di bidangnya masing-masing.

“Mereka adalah Diklat Pelaut (DP) – III Nautika, pendaftar ada 175 orang, catar yang akan diterima 90 orang. DP-III Teknika pendaftar 208 orang dan catar yang akan diterima 90 orang. DP-IV Nautika pendaftar 207 orang dan akan terima catar 90 orang serta DP-IV pendaftar ada 106 orang dan akan terima catar 90 orang,” kata Capt. Hyronimus lagi.

Kini mereka dalam dalam proses seleksi yang dilakukan oleh panitia pelaksana di BP2IP Tangerang. Proses dilakukan secara transparan dan berbasis komputer atau information technology (IT). Proses seleksi itu dilakukan dengan baik untuk mendapatkan calon taruna potensial di negeri ii.

“BP2IP Tangerang ingin memastikan hanya menerima taruna terbaik di bidangnya. Mereka itu yang nanti akan dididik dan diasramakan di Kampus BP2IP Tangerang Banten menjadi perwira transportasi yang prima fisiknya, profesional kerjanya dan beretika yang baik,” jelas Capt. Hyronimus dalam laporan pendidikan di depan Kepala BPSDM Perhubungan Wahju Satrio Utomo, SH, M.Si itu.

Dia menambahkan, animo masyarakat untuk masuk menjadi taruna pelaut di BP2IP Tangerang cukup besar. Taruna BP2IP Tangerang datang dari berbagai daerah di tanah air, termasuk taruna pembentukan DP- IV dan DP III.

Selain taruna pembentukan, Kampus BP2IP Tangerang juga menerima perwira siswa (pasis) termasuk dari aparatur Kementerian Perhubungan dalam program alih profesi menjadi pelaut. “Mereka pasis aparatur itu kini sebagian tengah praktek laut (prala) di berbagai kapal di dalam dan luar negeri,” sebut Capt. Hyro.

Sementara, catar yang kini dalam prose seleksi tersebut akan masuk dan aktif belajar di kampus pada tahun ajaran 2016/2017 mendatang. “Jadi, catar baru masuk dan taruna madya siap naik kapal untuk prala. Dengan begitu, fasilitas diklat di Kampus BP2IP Tangerang akan tetp berfungsi optimal,” kilah Capt. Hyro.

Sebagai tambahan papar dia, saat ini ada ratusan taruna dan pasis yang tercatat dan aktif belajar di Kampus BP2IP Tangerang. Mereka itu adalah DP III pembentukan sebanyak 120 orang, DP IV Pembentukan sebanyak 278 orang, DP III Peningkatan Aparatur sebanyak 38 orang, DP III Peningkatan sebanyak 44 orang.

“Selain itu juga ada peserta DP IV Peningktan Aparatur sebanyak 56 orang, DP IV Peningkatan sebanyak 74 orang, DP V Pembentukan sebanyak 167 orang dan Diklat Rating Pembentukan sebanyak 35 orang,” sebut Capt. Hyro.

Sementara, taruna BP2IP Tangerang yang kini tengah melakukan praktek laut (prala) masing-masing DP III Pembentukan sebanyak 327 orang, DP IV Pembentukan sebanyak 319 orang, DP III Peningkatan sebanyak 40 orang, DP IV Peningkatan sebanak 89 orang serta Diklat Rating sebanyak 166 orang.

“Mereka taruna yang sedang di atas kapal prala akan turun secara bertahap mulai semester depan. Sebagian sudah siap mengikuti wisuda perwira transportasi terpadu BPSDP Perhubungan bulan September-Oktober 2016 mendatang,” tegas Capt. Hyronimus.(helmi)

loading...