Angkasa Pura 2

Lagi, Kapal Pelni Kandas

DermagaSabtu, 4 Juni 2016
KM Bukit Raya

PONTIANAK (BeritaTrans.com) – Hanya berselang satu hari, terjadi kapal penumpang milik PT Pelni kandas. Paling anyar, KM Bukit Raya dari Surabaya tujuan Pontianak kandas.

Kapal trayek Belawan-Tanjung Balai-Batam-Tanjung Priok itu mengalami kandas ketika olah gerak untuk bersandar di Pelabuhan Sekupang, Batam, Rabu (1/6/2016), sekitar pukul 10.00.

Kapolsek Pontianak AKP Raden Real Mahendra mengatakan KM Bukit Raya berangkat dari Surabaya dengan mengangkut 1.636 penumpang yang seharusnya tiba di pelabuhan Dwikora pukul 20.00 WIB. Namun, kapal tersebut kandas dan hingga saat ini belum dapat bersandar di Pontianak.

“Pada malam saat karam Jumat (3/6/2016), sekitar pukul 20.30 WIB diketahui oleh pihak KSOP bahwa kapal tidak bisa bergerak dikarenakan air yang surut,” ungkapnya, Sabtu (4/6/2016).

Dikatakannya, KM Bukit Raya karam dikarenakan kedalaman air tidak mencukupi dan berhenti di daerah Muara Jungkat. “Jika menunggu air naik, diperkirakan KM Bukit Raya baru bisa bergerak sore ini,” terangnya.

Dijelaskannya, tadi malam sekira pukul 23.30 WIB, atas inisiatif dari pihak KSOP untuk mengevakuasi penumpang KM Bukit Raya harus menggunakan KM Fery. “Kemudian pihak KSOP bersama lima personel Polsek KP3L berangkat ke arah Muara Jungkat,” tuturnya.

Ditambahkannya evakuasi baru dapat dilakukan pada Pukul 05.30 WIB oleh KM fery yang membawa 550 penumpang dan bergerak ke arah Pelabuhan Dwikora dan tiba sekira pukul 09.30 WIB pagi tadi.

“Evakuasi gelombang kedua masih berlangsung, dengan melibatkan pihak KSOP dan tiga personil Polsek KP3L siang ini secara keseluruhan penumpang mencapai 1.636 penumpang,” pungkasnya.