Angkasa Pura 2

Capt. HM Syafril Pimpin Sholat Jumat Di Atas KL Barombong

Dermaga SDMSenin, 6 Juni 2016
Sholat Jumat KL Barombong2

MAKASSAR (BeritaTrans.com) – Kampus Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Barombong bukan hanya mendidik taruna menjadi pelaut andal. Tapi juga tetap menegakkan aturan syariat.

“Meski tengah berlayar, kita juga menunaikan Sholat Jumat bersama di atas kapal. Di tengah pelayaran menuju Kampus BP2IP Barombong, Jumat (3/6/2016) kita laksanakan Sholat Jumat di atas kapal.”

Demikian disampaikan Komandan Operasi Sosialsisasi BP2IP Barombong ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan Capt. HM.Syafril Sunusi, M.Pd menjawab BeritaTrans.com, Minggu (5/6/2016) petang.

Menurutnya, dalam pelayaran muhibah dengan KL Barombong membawa delegasi sekitar 120 orang dosen, karyawan dan taruna. Dalam pelayaran selama lebih dari 36 jam itu harus melewati waktu Sholat Jumat.

“Saat sholat Jumat tiba di tengah pelayaran ke Kampus BP2IP Barombong, kita langsung menggelar sholat Jumat berjamaah di geladak KL Barombong,” jelas Capt. Syafril yang juga bertindak sebagai Imam dan Khotib pada Sholat Jumat tersebut.

Sholat Jumat seperti, lanjut dia merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam laki-laki. Di tengah pelayaran seperti itu tetap harus menunaikan ibadah Sholat Jumat.

“Meski di tengah perjalanan seperti berlayar, kalau ada waktu dan memenuhi syarat bisa menunaikan ibadah wajib tersebut,” kilah Capt.Syafril.

Dia menambahkan, Sholat Jumat di atas kapal tersebit juga sebagai media pembelajaran bagi taruna yang ikut berlayar ke Banjarmasin.

Sholat Jumat KL Barombong1

“Taruna pelaut harus piawai dan tangkas saat berlayar. Tapi juga taat beribadah dan menjalankan kewajiban agamanya,” kilah Capt. Syafril.

Melalui belayar dan ikut sosialisasi ke Banjarmasin, menurut Capt. Syafril, harus menjadi pembelajar sekligus bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.

“Saat berlayar di tengah laut yang luas dan berombak ganas, kita harus makin sadar. Alangkah besar dan agungnya ciptaan Allah Swt. Manusia ini sangat kecil di tengah laut. Di atas sana, masih ada Allah Tuhan yanhg maha kuasa,” urai Capt. Syafril.

“Oleh karena sudah selayaknya kita makin mendekatkan diri dan tambah banyak beribadah kepada Allah Swt,” tegas Capt.Syafril.(helmi) ‎

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari