Angkasa Pura 2

Ditjen Hubla Bentuk Tim Terpadu Uji Petik Kapal

DermagaRabu, 8 Juni 2016
Pelabuhan Bau Bau

JAKARTA (beritatrans.com) – Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) membentuk Tim Terpadu untuk melaksanakan Uji Petik di beberapa lokasi pelabuhan yang banyak dilayari oleh kapal penumpang.

“Tim terpadu uji petik ini untuk memastikan semua pelayanan memenuhi aspek keselamatan dan keamanan pelayaran,” kata Kepala Bagian Organisasi dan Humas Ditjen Hubla Bambang Sutrisna di Jakarta, Rabu (8/6/2016).

Bambang mengatakan, sebelumnya Dirjen Hubla Ir. Antonius Tonny Budiono, MM juga telah menginstruksikan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perhubungan Laut untuk melakukan uji petik kapal. Agar sarana dan prasarana transportasi laut dalam kondisi prima menghadapi masa Angkutan Lebaran 2016/1437 H yang akan datang.

Menurut Bambang, Tim Terpadu Uji Petik Kapal akan melakukan tugasnya di beberapa pelabuhan yang banyak melayani penumpang seperti Pelabuhan Merak, Tanjung Perak (Surabaya), Samarinda, Balikpapan, Bitung, Palembang, Pontianak, Tanjung Emas (Semarang), Makassar, Belawan, Tanjung Priok (Jakarta), Benoa, Sorong, Ambon, dan Batam.  

“Tim Terpadu tersebut terdiri dari pejabat terkait di lingkungan Kantor Pusat Ditjen Hubla, Inspektorat Jenderal Kementerian Perhubungan, Marine Inspector dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, dan Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Laut,” kata Bambang.

Jika terdapat temuan dan terbukti bahwa kapal tersebut tidak memenuhi syarat, maka kapal akan di-grounded sampai kapal diperbaiki dan dapat dipastikan dalam kondisi prima.

“Ditjen Hubla juga akan memastikan bahwa semua Anak Buah Kapal yang bertugas di atas kapal yang melayani angkutan Laut Lebaran 2016 dalam kondisi baik dan siap mendukung keselamatan dan keamanan pelayaran,” katanya. (aliy)

loading...