Angkasa Pura 2

Manajemen AP II Siap Layani Arus Mudik Di 13 Bandara

BandaraRabu, 8 Juni 2016
Budi Karya

TANGERANG (BeritaTrans.com) – PT Angkasa Pura II (Persero) siap melayani penumpang pesawat di seluruh bandara yang dikelola perusahaan pada masa angkutan lebaran tahun ini.

“Diperkirakan pergerakan penumpang di 13 bandara yang dikelola AP II pada masa angkutan lebaran 2016 mencapai 4,69 juta penumpang atau meningkat sekitar 8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 4,34 juta penumpang,” kata Corporate Secretary AP II Agus Haryadi dalam siaran pers yang diterima BeritaTrans.com, Rabu (8/6/2016).

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, lanjut dia, pergerakan penumpang diprediksi dapat mencapai 2,78 juta penumpang atau naik 3,2% dengan arus puncak mudik pada H-5 hingga H-3 serta arus puncak balik pada H+5, H+9, dan H+10.

“Adapun terpantau dari tren pemesanan tiket penerbangan, jumlah penumpang pesawat sudah mulai meningkat sejak 29 Juni 2016 atau H-9,” jelas Agus Haryadi lagi.

Terkait dengan angkutan lebaran tersebut, menurut Agus Haryadi, maka di Bandara Internasional Soekarno-Hatta diperkirakan maskapai juga akan melakukan penambahan hingga 200 extra flight di rute-rute padat.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi mengatakan, “Terminal 3 Ultimate akan mulai beroperasi untuk melayani penumpang atau pemudik yang menggunakan maskapai Garuda Indonesia untuk penerbangan rute domestik dan internasional.”

“Beroperasinya terminal baru ini akan mengurai kepadatan di terminal lainnya sehingga berujung pada peningkatan pelayanan kepada seluruh penumpang pesawat,” kata Budi Karya lagi.

“Kami juga berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta guna memastikan berbagai pelayanan tetap terjaga di masa angkutan Lebaran,” sebut Budi Karya.

“Untuk angkutan transportasi darat, akan ada penambahan armada taksi dan bus serta penerapan sistem first in, first out atau FIFO guna memperlancar antrian taksi,” jelas Budi Karya.

Demi peningkatan pelayanan, menurut Budi Karya, PT Angkasa Pura II (Persero) juga akan menambah kursi tunggu dan memperlebar area musholla di terminal eksisting, lalu mengoptimalkan lounge umroh sebagai area holding, dan mengadakan pembagian takjil gratis selama bulan ramadhan.

Sementara itu untuk memastikan keamanan di bandara, personil aviation security juga akan didukung oleh personil dari TNI dan Polri.

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta juga telah beroperasi Customer Service Centre yang siap membantu seluruh penumpang maskapai nasional apabila mengalami kendala atau memiliki keluhan termasuk terkait delay, bagasi, dan lain sebagainya.

“Guna memastikan pelayanan dan keamanan penumpang pesawat, PT Angkasa Pura II (Persero) dan pemangku kepentingan di bandara juga mendirikan Posko lebaran di setiap bandara di bawah pengelolaan perusahaan,” tegas Budi Karya.(helmi)