Angkasa Pura 2

Masuk Tol Sekali Bayar Berlaku 13 Juni 2016

KoridorKamis, 9 Juni 2016
IMG-20160507-WA037

JAKARTA (beritatrans.com) – Terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa tol, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), mengintegrasikan sistem pembayaran antarjalan tol beda pengelola, untuk memudahkan pengguna.

Kepala Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan, mulai 13 Juni 2016, integrasi pembayaran di dua tol berbeda operator itu akan mulai diterapkan, yakni untuk tol Jakarta-Cikampek dan Cikopo-Palimanan.

“Hal tersebut tertuang dalam Nota Dinas Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) No PW.01.01-P/70 tanggal 12 Mei 2016 tentang integrasi sistem pembayaran tol,” ujar Herry seperti dilansir dtc, Kamis (8/6/2016).

Menurut Herry, seperti yang sudah disampaikan Menteri PUPR, nanti pembayaran di barier ditiadakan dan pembayaran hanya di pintu keluar saja.

“Jadi masuk gerbang Cikarang Utama mengambil kartu dan membayar saat keluar tol,” tutur Herry.

Dengan mempersingkat proses pembayaran, maka akan mempercepat perjalanan, terutama menjelang masa mudik lebaran 2016 dimana volume kendaraan akan semakin tinggi.

Sebelumnya, pengguna tol dari Jakarta menuju Brebes Timur, harus melakukan pembayaran beberapa kali pada barrier gate alias gerbang tol pembatas antarjalan tol yang berbeda pengelola seperti di Gerbang Tol Plumbon 3, Plumbon 4, Ciperna Utama, dan Mertapada.

BPJT dikatakan Herry, memfasilitasi koordinasi tersebut terutama integrasi antarbank pengelola sistem pembayaran di masing-masing ruas.

“Jadi akan diintegrasikan sistem e-payment Bank Mandiri-Jasa Marga yang berlaku di ruas Jakarta-Cikampek-Purwakarta-Padalarang-Cileunyi dengan sistem e-payment Bank BCA-LMS yang berlaku di ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan,” imbuh Herry.

Pihaknya juga akan mengupayakan membuka akses bagi bank-bank yang memiliki izin penyelenggaraan pembayaran non-tunai untuk bergabung dalam sistem e-payment Bank Mandiri-Jasa Marga.

“Selain masuk tol Jakarta-Palimanan, integrasi pembayaran juga akan dilakukan pada ruas Jalan Tol Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, dan Pejagan-Pemalang yang saat ini baru tersambung sampai Brebes Timur,” kata Herry. (omy)