Angkasa Pura 2

Pusbang SDM Perhubungan Udara Gelar Diklat Untuk 480 Personel Penerbangan Tahun 2016

SDMKamis, 9 Juni 2016
Kuota Diklat AirNav

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara nekerja sama dengan Perum Lembaga Penyelengggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau Perum AirNav Indonesia akan menyelenggarakan diklat personel penerbangan. Total peserta mencapai 480 orang dengan nilai kontrak sebesar Rp15 miliar.

“Diklat itu merupakan upaya peningkatan kualitas SDM penerbangan untuk meningkatkan pelayanan dan keselamatan transportasi penerbangan di Indonesia. Peserta diklat dibagi ke beberapa unit pelaksana teknis (UPT) dengan jenis diklat sebanyak 23 selama tahun 2016,” kata Kabid Pendidikan Pusbang SDM Perhubungan Udara Afen Sna, SE, MM kepada BeritaTrans.com di Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Diklat tersebut meliputi Radar Enroue (ACC), ATC Checker dan TCC HF A/G di kampus ATKP Makassar. Kemudian Diklat PBN, TCC Genset dan ACOS, TCC Air Conditioning System (AC), TCC AMSC bertempat di Kampus ATKP Medan.

ATC Supervisor Course, Aeronautical Communication Supervisor dan Aeronautical Communication Checker Officer di Kampus ATKP Surabaya. Selanjutnya Diklat TCC NDB, TCC VHF A/G, TCC VSCS dan CPDLCbertempat di Kampus BPPP Curug.

Kemudian Diklat Radar (APP), TCC AMHS, Basic AFS, PANS-OPS (Basic), Pans-Ops (advanced), Workshop Digital Aim, TCC Automation, semua digelar di Kampus STPI Curug. Sedang Diklat Ais Course dengan peserta sebanyak 108 orang akan digelar di Kampus BPPP Jayapura.

“Sedang Diklat ICAO English Language Proficiency (IELP) Assesement digelar di seluruh UPT, sesuai permintaan pihak pertama. Kecuali diklat di BPPP Jayapira, jumlah peserta diklat bervariasi antara 12-20 orang per kelas,” tandas Afen Sena.

Dia menambahkan, model diklat dengan kerja sama bersama BUMN atau badan usaha ini akan terus dikembangkan oleh Pusbang SDM Perhubungan Udara. Diklat tersebut akan terus dikembangkan dan ditingkatkan di tahun mendatang bersama mitra kerja lain di Indonesia.

“Untuk meningkatkan pelayanan dan meningkatkan keselamatan penerbangan, maka makin banyak personel penerbangan khususnya di Perum AirNav Indonesia yang perlu meningkatkan kompetensinya. Untuk itu, mereka perlu mengikuti diklat sesuai jenjang dan kompetensinya masing-masing,” tegas Afen Sena.(helmi)

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari