Angkasa Pura 2

Syahbandar Belawan Peringatkan Kapal Untuk Pindah Lego Jangkar Dari Alur Pelayaran

DermagaKamis, 9 Juni 2016
2016-06-09 09.13.54

BELAWAN (BeritaTrans.com) – Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Sumatra Utara, Capt. Karolus Sengadji, mengingatkan nakhoda dan maskapai pelayaran untuk tidak lego jangkar di alur pelayaran.

“Hasil inspeksi kami ke alur pelayaran mendapatkan fakta bahwa banyak kapal lego jangkar di alur pelayaran. Kondisi ini amat membahayakan keselamatan pelayaran,” ungkap Karolus kepada BeritaTrans.com dan tabloid mingguan BeritaTrans, Kamis (9/6/2016).

IMG-20160609-WA0004

Dengan lego jangkar di alur pelayaran, dia mengemukakan berpotensi besar menimbulkan kecelakaan, termasuk potensi tubrukan. “Karenanya, harus segera dipindah,” cetus mantan Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai Ditjen Perhubungan Laut tersebut.

Bila peringatan tidak diindahkan, mantan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Tanjung Emas itu menegaskan pihaknya akan memberikan sanksi tegas kepada nakhoda dan operator pelayaran.

2016-06-09 09.37.44

NELAYAN MENJALA
Karolus juga menjelaskan hasil patroli dengan menggunakan kapal klas 5 buatan tahun 2015, ditemukan fakta bahwa banyak nelayan yang menebar jala di alur pelayaran.

“Ngeri sekali alur pelayaran di Belawan ini. Banyak kapal lego jangkar, ada pula nelayan mencari ikan menggunakan jala. Saya perintahkan pasukan syahbandar untuk mengusir nelayan tersebut. Selain itu, alur harus terus dijaga,” ujarnya.

IMG-20160609-WA0003

Selain kapal dan nelayan, Karolus mengemukakan ditemukan bui nomor 6 miring dan 2 suar penuntun terkena proyek reklamasi pengembangan pelabuhan petikemas.

Temuan dan data awal hasil patroli iru digunakan untuk bahan koordinasi dengan instansi/stake holder terkait agar keamanan dan keselamatan pelayaran serta kegiatan bongkar muat barang hewan dan penumpang lebih lancar.

Patroli yang segera digelar lebih sering lagi tersebut, penindakan tegas dan koordinasi dengan stake holder tadi, dia menjelaslan merupakan instruksi Bapak Menteri Perhubungan dan Dirjen Perhubungan Laut dalam menjaga keselamatan pelayaran, terutama menyongsong digelarnya angkutan Lebaran. (awe).

Terbaru
Terpopuler
Terkomentari