Angkasa Pura 2

‎ Hasil Ramp Check DKPPU, Tiga Pesawat Digrounded

Bandara KokpitSabtu, 11 Juni 2016
IMG_20160610_172315

JAKARTA (beritatrans.com) – Selesai melaksanakan ramp check khusus menjelang angkutan Lebaran 2016, Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menyatakan ada tiga pesawat yang digrounded (dilarang beroperasi) sementara.

Menurut Direktur DKPPU, Muhammad Alwi mengemukakan, pelaksanaan ramp check mulai 27 Mei hingga 8 Juni terhadap 253 pesawat, ditemukan tiga pesawat dari tiga maskapai berbeda yang dinilai mengalami kerusakan dan harus dilakukan perbaikan di bengkel pesawat.

“Dari jumlah pesawat yang dilakukan ramp check, terdapat 61 temuan dan tiga pesawat digrounded,” ujar Alwi di Jakarta, Jumat (10/6/2016).

Alwi menguraikan, pesawat tersebut adalah pesawat Boeing 737-300 dengan nomor registrasi PK-TXZ milik Express Air‎. Pesawat ini diketahui beberapa kali mengalami kerusakan pada temperatur mesin yang mencapai batas tinggi atau exhaust gas temperature pada mesin kiri sebanyak 15 kali pada periode 24-28 Mei 2016.

“Selanjutnya pesawat Airbus A320-200 registrasi PK-AZH, maskapai AirAsia Indonesia,” ungkap Alwi.

Pesawat tersebut mengalami kerusakan pada sistem air traffic service unit (ATSU) sepanjang periode 11 Mei hingga 15 Juni 2016.

Terakhir maskapai Sriwijaya dengan jenis pesawat Boeing 737-300 dengan registrasi PK-CKI, mengalami kerusakan pada heatshield assembly pada komponen mesinnya.

“Bila sudah diperbaiki dan dicek ulang layak, maka pesawat bisa terbang kembali,” imbuh Alwi.

Sementara temuan lainnya, menurut Alwi masih masuk toleransi, karena bisa langsung dibenahi. Seperti misalnya kedapatan baut kendur pada salah satu komponen, itu bisa langsung dikencangkan.

“Pemeriksaan satu pesawat rata-rata memakan waktu 20-30 menit dengan jumlah tim yang disebar di beberapa titik pesawat,” kata Alwi.

Namun begitu, Alwi menegaskan bahwa untuk dunia penerbangan, terdapat ramp check berkala, tiga bulan sekali. Untuk angkutan Lebaran disebut sebagai ramp check khusus, karena dilakukan mendadak sebelum dimulainya angkutan Lebaran. (omy)‎

loading...