Angkasa Pura 2

Dirjen Pudji Temukan Bus Tanpa Rem Tangan di Terminal Leuwi Panjang ‎

KoridorSabtu, 11 Juni 2016
IMG-20160611-WA002


BANDUNG (beritatrans.com) – Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto Iskandar menemukan bus dengan rem tangan tak berfungsi saat inspeksi persiapan angkutan Lebaran 2016 di terminal Leuwi Panjang‎, Bandung.

Pudji juga menemukan sejumlah bus yang tak layak jalan‎, dari beberapa PO Bus yang beroperasi di terminal tersebut.
‎‎
“Setelah melakukan pemeriksaan pada sarana bus, ternyata yang fatal adalah rem tangan dan spedometer yang tidak berfungsi. Tentu, kalau rem tangan tidak jalan, tidak akan kami beri izin untuk beroperasi,” kata Pudji di sela inspeksi, Sabtu (11/6/2016).

Tak hanya itu saja, di terminal Leuwi Panjang juga menurut Pudji masih ditemukan hingga 80 persen pelanggaran masih adanya pintu keluar bagi pengemudi bus di kendaraan. Padahal, seharusnya sudah ditiadakan, untuk mengantisipasi pengemudi melarikan diri bila terjadi kecelakaan.

“Ketentuannya kan sudah tidak boleh lagi ada pintu di sebelah kanan depan kendaraan. Bila ada mesin di depan dan ada pintunya, hanya bisa diakses teknisi,” imbuh Pudji.

Bila hingga saat ini masih ada pintu sebelah kanan depan kendaraan, menurut Pudji, maka untuk sementara bisa digembok.

Dalam inspeksi tersebut, Pudji juga menemukan kendaraan yang sudah dimodifikasi transmisinya. Kalau sebelumnya manual, kini menjadi otomatis. Hanya saja dalam surat-suratnya masih belum diubah.

“Ini tidak boleh, karena kendaraannya harus diuji laik lagi, kemudian diproses di Kepolisian,” tutur Pudji. (omy)

loading...