Angkasa Pura 2

Menhub Jonan: Operator Angkutan Umum Jangan Menganggap Mudik Lebaran 2016 Sebagai Pesta

Dermaga Emplasemen Kokpit KoridorSabtu, 11 Juni 2016
Elly dan Jonan

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan meminta semua operator angkutan umum tidak menganggap musim mudik Lebaran 2016 sebagai pesta. Keselamatan transportasi dan pelayanan terbaik kepada rakyat dan konsumen harus diutamakan kepada seluruh rakyat di negeri ini.

Momentum mudik Lebaran harus dimaknai sebagai bagian dari tugas melayani dan menyukseskan hajatan rakyat Indonesia yang sedang mudik untuk merakayan Lebaran bersama keluarga di kampung halaman.

“Saya mohon operator angkutan umum jangan menganggap (mudik Lebaran) ini pesta atau panen,” kata Jonan di Jakarta, Jumat (10/6/2016).

Menurut mantan Direktur Utama KAI itu, mudik Lebaran harus dianggap sebagai operasi yang berat dan bertanggung jawab. Jangan hanya mencari keuntungan semata.

Dikaui Jonan masa angkutan Lebaran sendiri tak semata-mata untung. Terkadaang, operatpr angkutan harus nombok, karena biaya operasi besar dan tingkat isian penumpang hanya satu sisi.

“Saat arus mudik, kendaraan dari Jakarta baik bus AKAP, KA, kapal laut serta pesawat terbang terisi penuh. Sedang arus sebaliknya kosong. Begitu juga saat arus balik, kendaraan dari daerah penuh, tapi kendaraan dari Jakarta kosong,” sebut Jonan.

Itulah salah satu sebabnya, mereka tarif angkutan umum cenderung baik di saat musim Lebaran. Pasalnya, kendaraan hanya terisi dari satu sisi, sedang sebaliknya kosong. “Oleh karena itu, tarifnya dihitung bolak-balik. Jika tidak begitu, operator rugi bahkan bangkrut karena tak mampu beroperasi,” kilah Jonan.

Pada kesempatan sama, Menhub Ignasius Jonan meminta operator angkutan umum tidak mengambil cuti selama mudik Lebaran.

Tidak pantas seorang pimpinan mengambil cuti sementara anak buah bekerja keras bekerja memastikan angkutan Lebaran berjalan dengan baik. “Anak buah di lapangan konsentrasi penuh, masa kita jalan-jalan,” ujar jonan lagi.

Di Kementerian Perhubungan, tambah Menhub Jonan sudah melarang adanya cuti panjang bagi para pegawai selama mudik Lebaran. Termasuk ia sendiri. “Saya juga harus turun ke lapangan untuk memastikan pelayanan ke masyarakat tetap optimal,” tegas mantan Dirut KAI itu.(helmi)

loading...