Angkasa Pura 2

Jalan Tol “Baru” Yang Bisa Dilalui Saat Mudik Lebaran 2016

KoridorSelasa, 14 Juni 2016
tol bawen

JAKARTA (BeritaTrans.com) – Sejumlah ruas tol baru di pulau Jawa mulai bisa dilewati saat arus mudik Lebaran tahun 2016. Pengoperasian sejumlah tol baru tersebut diharapkan bisa mengurangi tingkat kepadatan bahkan kemacetan saat puncak arus mudik tahun ini.

Di antaranya jalan tol Bawen-Salatiga, Kertosono-Mojokerto, Solo-Ngawi, Gempol-Pasuruan, dan Pejagan-Pemalang. Pemudik di Pulau Jawa memiliki beberapa pilihan alternatif jalur mudik. Selain telah beroperasinya Jalan Tol Cikopo-Palimanan yang sudah beroperasi sejak mudik Lebaran tahun 2015 lalu.

“Yang bisa digunakan untuk mudik kan ada Bawen-Salatiga, Kertosono-Mojokerto, Solo-Ngawi, Gempol-Pasuruan, sama Pejagan-Pemalang ya,” ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna di Tol Cikopo, Senin (13/6/2016).

Menurutnya, tol-tol tersebut akan berfungsi secara darurat, artinya sudah bisa dilewati dan terdapat rambu-rambu lalu lintas.

“Belum (100%) masih darurat, namun bisa dilintasin dan nggak bahaya, karena dikasih rambu-rambu, yang sudah siap cuma satu yakni kita mau peresmian (Pejagan-Brebes Timur),” tutur Herry seperti dikutip detik.com.

Ia juga menambahkan, ruas tol Semarang-Solo juga telah siap digunakan untuk mudik Lebaran tahun ini.

“Di Semarang-Solo disiapin 2 lajur, 2 lajur 1 arah pas lagi mudik ke arah mudik semua, arus balik juga begitu 2 lajur arus balik semua,” tegas Herry.(dar/dtc)

loading...